Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/05/2021, 08:46 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu perangkat elektronik yang serba bisa dan sudah familiar di masyarakat ialah gadget (gawai) atau ponsel pintar.

Dengan ponsel, semua bisa dilakukan. Seperti ada fitur permainan, hiburan dan media sosial yang terhubung dengan internet.

Tak jarang, kini anak-anak sangat senang ketika bermain gadget. Bahkan ketika anak rewel, orang tua sering lupa dan memberikan ponselnya kepada anaknya.

Memang pada dasarnya anak boleh diperkenalkan kepada gadget, tetapi tentu tidak berlebihan dan tidak terlalu jauh mengenalnya.

Baca juga: 6 Cara Kelola Emosi Saat Hadapi Anak Usia Dini

Hal itu sangat tidak baik untuk perkembangan pemikiran anak kedepannya, karena jika sudah kecanduan akan sulit untuk terlepas.

Selain banyak sisi positif, perlu orang tua ketahui bahwa dalam gadget tersebut terdapat hal-hal yang negatif yang tentunya tidak baik jika anak terlalu lama dibiarkan bermain gadget.

Terlebih jika dia sudah kecanduan, maka akan semakin sulit untuk diatasi karena gadget sudah merupakan teman baginya.

Lantas, bagaimana cara agar anak lupa dengan gadget? Melansir laman lampung BP PAUD & Dikmas Lampung, ini 10 cara agar anak lupa gadget:

1. Berikan batasan waktu kepada anak

Cara pertama ialah Anda bisa memberikan batasan waktu kepada anak untuk bermain gadget. Anda harus tegas dan jangan membiarkan anak Anda terlalu asik bermain gadget.

Apabila Anda membiarkan anak, maka yang ada akan semakin kecanduan, terlebih lagi jika gadget yang Anda berikan mendukung banyak game-game dan fitur-fitur lain yang mumpuni. Maka anak Anda akan sulit untuk terlepas dari gadget tersebut.

2. Berikanlah mainan alternatif

Coba berikanlah mainan alternatif seperti boneka atau mobil-mobilan. Pada dasarnya cara ini kurang efektif, tetapi setidaknya anak Anda masih memiliki beberapa pilihan mainan yang bisa untuk dimainkan.

Selain itu, jika Anda memang melihat banyak kawan di luar rumah, biarkanlah dia bermain dengan mereka asalkan tidak berbahaya.

Baca juga: Anak Ingin Belajar Bahasa Asing? Ini 3 Tipsnya

3. Luangkan waktu untuk anak

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com