Kompas.com - 13/05/2021, 08:46 WIB
Ilustrasi anak bermain gawai. PEXELS/JESSICA LEWISIlustrasi anak bermain gawai.
|

KOMPAS.com - Salah satu perangkat elektronik yang serba bisa dan sudah familiar di masyarakat ialah gadget (gawai) atau ponsel pintar.

Dengan ponsel, semua bisa dilakukan. Seperti ada fitur permainan, hiburan dan media sosial yang terhubung dengan internet.

Tak jarang, kini anak-anak sangat senang ketika bermain gadget. Bahkan ketika anak rewel, orang tua sering lupa dan memberikan ponselnya kepada anaknya.

Memang pada dasarnya anak boleh diperkenalkan kepada gadget, tetapi tentu tidak berlebihan dan tidak terlalu jauh mengenalnya.

Baca juga: 6 Cara Kelola Emosi Saat Hadapi Anak Usia Dini

Hal itu sangat tidak baik untuk perkembangan pemikiran anak kedepannya, karena jika sudah kecanduan akan sulit untuk terlepas.

Selain banyak sisi positif, perlu orang tua ketahui bahwa dalam gadget tersebut terdapat hal-hal yang negatif yang tentunya tidak baik jika anak terlalu lama dibiarkan bermain gadget.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terlebih jika dia sudah kecanduan, maka akan semakin sulit untuk diatasi karena gadget sudah merupakan teman baginya.

Lantas, bagaimana cara agar anak lupa dengan gadget? Melansir laman lampung BP PAUD & Dikmas Lampung, ini 10 cara agar anak lupa gadget:

1. Berikan batasan waktu kepada anak

Cara pertama ialah Anda bisa memberikan batasan waktu kepada anak untuk bermain gadget. Anda harus tegas dan jangan membiarkan anak Anda terlalu asik bermain gadget.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X