Kompas.com - 16/05/2021, 15:26 WIB
Ilustrasi mendongeng Unsplash/Ben MullinsIlustrasi mendongeng
|

KOMPAS.com - Anak-anak pasti suka mendengarkan cerita dongeng sebelum tidur. Rutinitas membaca dongeng ini ternyata  juga membawa banyak manfaat bagi anak.

Mendongeng yang baik memiliki manfaat bagi peningkatan kognitif anak. Tak hanya dilakukan orangtua di rumah, bisa mendongeng dengan baik juga wajib dimiliki seorang guru.

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Agama Islam (FAI), Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) mengadakan workshop dengan tema 'Kiat Terampil Mendongeng Bagi Guru'

Melalui kegiatan ini diharapkan bisa memberi pengetahuan tambahan dan meningkatkan kemampuan mendongeng para guru.

Baca juga: Peserta KIP Kuliah Daftar Jalur Mandiri Unpad, Simak Tata Caranya

Manfaat mendongeng

Melansir laman Unimma, manfaat mendongeng untuk anak, antara lain: 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Menggugah kekuatan berpikir anak

2. Membangun kreatifitas melalui berbagai kemungkinan visual anak

3. Mengasah anak dalam mengaitkan akrobatik suara dengan gambar

Ketua panitia acara Kanthi Pamungkas menerangkan, dengan mengikuti kegiatan ini, seluruh peserta belajar bersama menggali kita-kiat atau strategi efektif untuk terampil mendongeng bagi guru.

"Ini merupakan kegiatan yang sebelumnya sudah kami rencanakan akan diselenggarakan pada tahun 2020 tetapi karena adanya pandemi, akhirnya ditunda hingga terselenggarakan tahun 2021. Workshop ini adalah salah satu program kerja PGMI untuk meningkatkan kompetensi lulusan prodi PGMI dalam menjalankan peran profesionalitasnya" tutur Kanthi seperti dikutip dari laman Unimma, Minggu (16/5/2021).

Baca juga: Telkomsel Berikan Beasiswa dengan Ikatan Dinas, Yuk Simak Syaratnya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X