Kompas.com - 29/05/2021, 14:11 WIB
|

KOMPAS.com - Lulusan vokasi diharapkan bisa langsung mendapat pekerjaan dan upah yang layak. Hal ini disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim saat meluncurkan program Merdeka Belajar Episode 11: Kampus Merdeka Vokasi.

Dengan sejumlah program yang ada di Kampus Merdeka Vokasi ini, bisa meningkatkan kualitas lulusan vokasi dan bisa langsung diserap dunia industri. Salah satu perguruan tinggi yang membuka program studi (prodi) Sarjana Terapan (Diploma 4) adalah Universitas Padjadjaran.

Merangkum dari akun Instagram Unpad, ada beberapa pilihan prodi Sarjana Terapan di Unpad baik dari rumpun Saintek maupun Soshum. Di ulasan kali ini, Kompas.com merangkum prodi Sarjana Terapan di rumpun Soshum dan peluang kerjanya.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Anggarkan Rp 270 Miliar untuk Program Kampus Vokasi

Fakultas Ilmu Budaya (FIB)

Bahasa dan Budaya Tiongkok

Selama kuliah kamu akan belajar tentang 4 aspek kemahiran berbahasa Mandarin baik berbicara, menulis, mendengar dan membaca. Penerjemahan, korespondensi serta sejarah budaya Tiongkok.

Setelah menyelesakan pendidikan Bahasa dan Budaya Tiongkok, kamu bisa bekerja sebagai penerjemah lisan dan tulisan bahasa Mandarin, pekerja di perusahaan Tiongkok, berbagai posisi lain yang memerlukan kemahiran berbahasa Mandarin.

Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom)

Manajemen Produksi Media

Selama kuliah kamu akan belajar tentang manajemen media, industri media, produksi konten teks, audio dan video serta SEO dan analytics.

Setelah lulus kuliah, kamu bisa bekerja sebagai media content specialist, media digital specialist, marketing produk film dan TV, marketing research dan media producer.

Baca juga: Seperti Ini Prospek Kerja Lulusan Sarjana Terapan Rumpun Saintek

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)

Akuntansi Perpajakan

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.