Kompas.com - 01/06/2021, 09:31 WIB
Ilustrasi seorang pria tengah snorkeling di lautan jernih dengan terumbu karang indah di Bunaken. (SHUTTERSTOCK/SOFT_LIGHT)Ilustrasi seorang pria tengah snorkeling di lautan jernih dengan terumbu karang indah di Bunaken.
|

KOMPAS.com - Bagi siswa lulusan SMA, harapannya bisa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Tetapi, apakah kamu sudah menentukan jurusan kuliah?

Jika belum, maka mulai dari sekarang harus segera memilih nanti akan mengambil jurusan kuliah apa yang sesuai dengan minat dan bakat.

Terlebih yang memiliki kemampuan lebih dan cenderung ingin mengambil kelas internasional, maka hal ini bisa menjadi nilai tambah.

Baca juga: Cerita Alumni Vokasi IPB Sukses Bangun Usaha Ternak

Seperti halnya di IPB University, salah satu PTN ini memiliki Program Studi (Prodi) Ilmu dan Teknologi Kelautan Kelas Internasional, Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University.

Pada sosialisasi prodi tersebut secara daring, Minggu (30/5/2021), Dosen IPB University yang juga Koordinator Program Internasional Departemen ITK IPB University, Riza Aitiando Pasaribu memberikan penjelasan.

Pendaftaran dua gelombang

Menurutnya, Kelas Internasional untuk prodi ini telah dibuka sejak tahun lalu. Ada empat divisi di Departemen ini yaitu:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Divisi Oseanografi
  • Divisi Hidrobiologi
  • Divisi Akustik dan Instrumentasi Kelautan
  • Divisi Penginderaan Jauh dan SIG (Sistem Informasi Geografis) Kelautan

"Jalur masuk kelas reguler sama seperti umumnya, sedangkan jalur masuk kelas internasional terbagi menjadi dua gelombang," ujar Riza seperti dikutip dari laman IPB University.

Pendaftaran gelombang II melalui Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM-BK) dimulai pada 20 Juni mendatang. Selengkapnya bisa dilihat di www.admisi.ipb.ac.id.

Calon mahasiswa nantinya melampirkan sertifikat Bahasa Inggris seperti TOEFL. "Sekarang, sudah ada mahasiswa yang diterima dari Jepang," imbuhnya.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Yuk Intip Biaya Kuliah Kedokteran di UB dan UNS

Dijelaskan, Kelas Internasional Prodi ITK menggunakan kurikulum baru sesuai kebijakan Kampus Merdeka sehingga lebih fleksibel.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.