Kompas.com - 06/06/2021, 09:30 WIB
Ilustrasi kuliah di luar negeri. ShutterstockIlustrasi kuliah di luar negeri.
|

KOMPAS.com - Bagi siswa SMP atau siswa kelas 10 dan 11, memikirkan jurusan yang akan dipilih saat melanjutkan ke perguruan tinggi perlu dilakukan mulai dari sekarang.

Meski terlihat gampang, namun menentukan pilihan jurusan kuliah sering membuat siswa galau.

Ketika sudah memilih suatu jurusan, calon mahasiswa otomatis bertahan pada pilihan itu hingga meraih gelar sarjana.

Untuk membantu para siswa mengelimir rasa bimbang dalam menentukan jurusan kuliah, Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung melalui Lembaga Pengembangan Humaniora (LPH) berbagi tips kepada para siswa.

Baca juga: Yuk Simak Mitos dan Fakta Seputar Susu UHT Menurut Guru Besar IPB

Akademisi Unpar memberikan gambaran secara umum perihal menentukan pilihan jurusan perkuliahan dan berbagai macam pekerjaan.

Konselor LPH Unpar Ignatia Ria Natalia menerangkan, pilihan para siswa menentukan masa depanmu. Walaupun baru lulus dari kelas IX atau baru memulai masuk SMA tetapi sebaiknya merencanakan masa depan itu dipersiapkan sejak awal atau saat usia remaja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau dipersiapkan saat remaja, jalan persiapannya itu makin panjang," ujar Ria saat mengisi webinar bertajuk 'My Promising Future' seperti dikutip dari laman Unpar, Sabtu (5/6/2021).

Menurut Ria, ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam menentukan pilihan jurusan kuliah. Ria menjelaskan, secara umum sudah sewajarnya setiap orang mempunyai tujuan sehingga orientasi dan energi yang disalurkan untuk mencapai tujuan itu takkan percuma.

Baca juga: Dosen IPB: Ini Cara Bedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Termasuk para pelajar yang baru lulus sekolah menengah pertama, tak ada salahnya jika sudah menentukan tujuan demi masa depan yang menjanjikan.

"Orang jika tidak punya cita-cita, bawaannya itu enggak jelas mau kemana, mau ngapain. Agar produktif tiap harinya, maka teman-teman perlu memiliki tujuan, apapun itu. Misalnya belajar atau mendapat nilai bagus. Cita-cita itu diibaratkan sebagai tujuan," tuturnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X