Kompas.com - 26/06/2021, 09:43 WIB

KOMPAS.com - Jelang tahun ajaran baru Juli 2021, Tanoto Foundation melatih lebih dari 800 fasilitator guru dan kepala sekolah dalam mempersiapkan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Pelatihan ini bertujuan membantu sekolah dan madrasah menanggulangi learning loss atau penurunan kemampuan belajar siswa sebagai dampak dari PJJ yang berkepanjangan.

“Mereka kami latih menggunakan Modul Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 yang diadaptasi dari panduan yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek,” jelas Ari Widowati, Direktur Program Pintar Tanoto Foundation, Kamis (25/6/2021). 

Ari menyebut pada Juni 2021 para fasilitator dari 25 kabupaten/kota mitra dilatih selama empat hari secara sinkronus (tatap maya) dan asinkronus (berlatih mandiri). 

Peserta difasilitasi untuk mampu mengidentifikasi kemampuan belajar setiap individu siswa dan cara memberikan pembelajaran berdiferensiasi. Metode ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan kemampuan belajar siswa.

"Pada bulan Juli, para fasilitator terpilih akan melatih dan mendampingi para guru dan kepala sekolah di 843 sekolah dan madrasah mitra yang tersebar di lima provinsi, Sumatra Utara, Riau, Jambi, Jawa Tengah, dan Kalimantan Timur," kata Ari lagi.

Guru dan kepala sekolah juga akan dilatih bersama karena keduanya punya peran penting yang tidak dapat dipisahkan.

“Ketika guru menyiapkan pembelajaran untuk siswa, kepala sekolah pasti harus memastikan kebutuhan guru agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik," tambah Ari.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: 2 Alternatif Belajar Saat PTM Terbatas

Modul guru dan kepala sekolah

Modul pelatihan ini diperuntukkan bagi kepala sekolah dan guru. Untuk modul kepala sekolah terdiri dari dua unit, yaitu:

  1. Kesiapan sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi dan
  2. Mekanisme kegiatan belajar mengajar menggunakan metode pembelajaran campuran (blended learning).

Setelah menguasai modul, Golda Simatupang, Kepala Pelatihan Program Pintar Tanoto Foundation berharap kepala sekolah dapat menyiapkan PTM terbatas.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.