Kompas.com - 28/06/2021, 16:28 WIB
Kemendikbud Luncurkan Logo Kampus Merdeka Dok. KemendikbudKemendikbud Luncurkan Logo Kampus Merdeka

KOMPAS.com - Data dari Commercial Service Amerika Serikat memperkirakan pada tahun 2019, ada sekitar 69.000 mahasiswa Indonesia yang tengah menempuh pendidikan di luar negeri.

Organisasi Ikatan Konsultan Pendidikan Internasional Indonesia menyebut, Indonesia setidaknya mengirimkan 35.000 siswa untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri setiap tahunnya.

Sementara itu, hasil survei HSBC Group pada tahun 2019 dengan responden usia 17-29 tahun dari berbagai negara, mengungkapkan bahwa generasi z melabeli diri mereka dengan sebutan generasi borderless.

Baca juga: 5 Kota dengan Biaya Hidup Rendah bagi Mahasiswa di Indonesia

Menariknya, kini banyak kesempatan bagi calon mahasiswa maupun mahasiswa aktif untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri melalui jalur beasiswa maupun pertukaran pelajar.

Melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) misalnya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menghadirkan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Program ini dirancang untuk memfasilitasi kebutuhan para pelajar Indonesia merasakan pengalaman berkuliah di luar negeri. Seleksi dapat diikuti oleh mahasiswa tingkat Strata-1 (S1) dari seluruh perguruan tinggi.

Dua mahasiswa Universitas Pertamina (UP) berbagi cerita bagaimana mereka memperoleh kesempatan kuliah di luar negeri melalui jalur tersebut.

Andrea Hanna, mahasiswa Program Studi Kimia UP, dan Christian Pierre, mahasiswa Program Studi Manajemen UP, bergabung dengan teman-teman menikmati program pertukaran pelajar.

Baca juga: Raih Nilai Sempurna di UTBK 2021, Ini Cerita Hanan dan Irfan

Melalui program IISMA 2021, mereka akan berkuliah di University of Edinburgh selama satu semester.

“Ketika dinyatakan lolos seleksi, awalnya saya tidak menyangka karena saingannya berjumlah ribuan. Saya sangat bersyukur bisa mendapatkan kesempatan untuk berkuliah di Inggris dengan pembiayaan penuh dari Kemendikbud Ristek,” ungkap Andrea dalam keterangan tertulis UP yang diterima Kompas.com, Senin (28/6/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.