Kompas.com - 22/07/2021, 17:59 WIB
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memberi penjelasan terkait kabar susu steril dan labu kuning yang dianggap dapat menyembuhkan Covid-19. Tangkap layar Instagram Kemendikbud RistekKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memberi penjelasan terkait kabar susu steril dan labu kuning yang dianggap dapat menyembuhkan Covid-19.
|
Editor Dian Ihsan

'

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19 berlangsung di Indonesia, banyak sekali berita-berita bohong atau hoaks berseliweran.

Mirisnya, berita bohong ini kadang justru langsung dipercaya oleh sebagian masyarakat.

Belum lama ini, ketika kasus positif Covid-19 melonjak di Indonesia, orang berbondong-bondong membeli susu steril karena dianggap bisa menyembuhkan dari Covid-19.

Bahkan video masyarakat yang berebut membeli susu steril juga sempat viral.

Melalui akun Instagram resminya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) memberikan informasi mengenai kebenaran susu steril dan labu kuning bisa menyembuhkan Covid-19?

Berdasarkan kata banyak pakar, isu susu steril dan labu kuning bisa menyembuhkan Covid-19 tidak benar. Namun, keduanya hanya bisa meningkatkan sistem imun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kemendikbud Ristek Bagikan Tips Dampingi Anak Ikuti Belajar Daring

Fakta susu steril

Susu steril adalah produk susu cair yang diperoleh dari susu segar atau susu rekombinasi yang dipanaskan pada suhu 100 derajat celcius dalam waktu yang cukup untuk mencapai keadaan steril.

Tidak kurang dari 3 menit dan dikemas secara kedap (hermetis). Susu steril sama seperti jenis susu lainnya yakni mengandung kalsium, protein, vitamin D, kalium dan fosfor.

Selain itu susu steril juga memiliki manfaat untuk menjaga proses metabolisme, meningkatkan imunitas dan mencegah inflamasi.

Baca juga: Unik, Mahasiswa Unair Ciptakan Masker Antivirus dari Limbah Udang

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.