Kompas.com - 26/07/2021, 10:32 WIB
Ilustrasi bunga telang. PIXABAY/BUTTERFLIES PSIlustrasi bunga telang.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Bunga telang terkenal karena beragam manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Ternyata selain punya manfaat sebagai obat herbal, bunga telang juga bisa diolah menjadi perawatan wajah lho.

Inovasi ini dibuat oleh lima mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Berkat inovasinya, lima mahasiswa ini mengharumkan nama Unair di tingkat nasional.

Mereka berhasil menginisiasi produk perawatan kulit atau skincare herbal dari ekstrak bunga telang.

Kelima mahasiswa yang menggagas inovasi ini yakni Daniyal Firmansyah, Natazha Claudya, Fathimah Afifah, Nabiilah Husna, dan Nurul Aini Rismawanti.

Baca juga: Keren, Masih 14 Tahun David Purnomo Lolos di Washington University

Manfaatkan bunga telang untuk skincare

Berkat ide bisnis tersebut, Tim Terence FV Unair lolos pendanaan pada ajang Pekan Kewirausahaan Mahasiswa Vokasi (PKMV) 2021 yang diselenggarakan Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PKMV merupakan kompetisi khusus mahasiswa vokasi se-Indonesia yang memiliki ide wirausaha dan ingin mengembangkan bisnisnya menjadi usaha nyata.

Menurut Daniyal Firmansyah, motivasi terbesar ini yang mendorong dia dan tim bisa meraih prestasi ini. Selain itu mereka juga punya keinginan untuk memiliki usaha sendiri.

"Dengan motivasi itu, kami ingin membuka lapangan pekerjaan baru dan memajukan industri produk kecantikan alami," ujar Daniyal seperti dikutip dari laman Unair, Minggu (25/7/2021).

Baca juga: Presiden Jokowi: Siswa Harus Tetap Semangat Belajar di Masa Pandemi

Daniyal dan timnya melihat peluang membuat produk dari bahan alam yang saat ini cukup diminati masyarakat yaitu bunga telang.

Miliki kandungan antosianin

 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.