Kompas.com - 28/07/2021, 13:45 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Bagi mahasiswa baru, sebentar lagi akan memulai perkuliahan. Namun sebelum mengikuti perkuliahan, mereka akan terlebih dahulu mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

PKKMB merupakan kegiatan perkenalan dan persiapan mahasiswa baru yang diselenggarakan perguruan tinggi dengan tujuan mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan baru.

Dilansir dari akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek), Rabu (28/7/2021), menerangkan panduan pelaksanaan PKKMB tahun 2021.

Baca juga: Siswa, Perhatikan Tips Sebelum dan Sesudah Terima Vaksin Covid-19

Asas pelaksanaan PKKMB

Perlu diperhatikan bahwa pelaksanaan PKKMB menerapkan 3 asas, yakni:

1. Asas keterbukaan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Semua kegiatan penerimaan mahasiswa baru dilakukan secara terbuka. Baik dalam hal pembiayaan, materi atau substansi kegiatan, berbagai informasi waktu maupun tempat penyelanggaraan kegiatan.

2. Asas demokratis

Semua kegiatan dilakukan berdasarkan kesetaraan semua pihak dengan menghormati hak dan kewajiban masing-masing pihak yang terlibat dalam kegiataan penerimaan mahasiswa baru.

Baca juga: Mahasiswa Unpad Bikin Permen Bantu Turunkan Kecanduan Rokok

3. Asas Humanis

Kegiataan penerimaan mahasiswa baru dilakukan berdasarkan kemanusiaan yang adil dan beradab dan prinsip persaudaraan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.