Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2021, 20:10 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.comTanoto Foundation berkomitmen untuk terus membantu pemerintah Indonesia dalam penanganan pandemi Covid-19, termasuk bantuan kepada masyarakat terdampak pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.

Komitmen tersebut dilakukan dengan mendonasikan sebanyak 300 ton beras premium untuk warga di Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Timur (Jatim).

Bantuan beras dibagi menjadi 60.000 paket dan masing-masing berisi 5 kilogram (kg). Untuk distribusinya dilakukan dengan pembagian 40.000 paket ke Jabar dan 20.000 paket ke Jatim.

Chief Executive Officer (CEO) Global Tanoto Foundation J Satrijo Tanudjojo mengatakan, donasi beras dari pihaknya merupakan bagian dari aksi siap tanggap untuk meringankan kesulitan warga terdampak pandemi Covid-19.

Baca juga: Kemenkumham Salurkan 46.000 Paket Bansos untuk Warga Terdampak Pandemi

“Sejak awal pandemi, kami terus berusaha untuk mencari tahu kebutuhan masyarakat dan pemerintah. Kami berupaya merespon cepat agar donasi yang diberikan bisa segera dimanfaatkan bagi mereka yang membutuhkannya,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (30/7/2021).

Satrijo mengungkapkan, Tanoto Foundation memahami bahwa pandemi memberikan dampak yang menyeluruh dan tidak terbatas pada sektor kesehatan.

Oleh karena itu, pihaknya bekerja sama dengan Kantor Sekretariat Presiden untuk mendonasikan beras kepada warga di Jabar dan Jatim.

“Kami harap donasi beras ini bisa meringankan beban mereka yang mata pencahariannya terganggu karena terdampak pandemi,” kata Satrijo.

Baca juga: Gerakan Bagi Rata Sudah Salurkan Lebih dari Rp 1 Miliar untuk Pekerja yang Terdampak Pandemi Covid-19

Terkait penyerahan donasi di Jabar, Direktur External Affairs Ari Gudadi selaku perwakilan dari Tanoto Foundation, secara simbolis memberikan 200 ton beras kepada perwakilan Kepolisian Daerah (Polda) Jabar dan Komando Daerah Militer (Kodam) III/Siliwangi, Jumat.

Adapun perwakilan dari Polda Jabar, yaitu Direktur Objek Vital Komisaris Besar (Kombes) Polisi (Pol) M Syahduddi dan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi Mayor Jenderal (Mayjen) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Nugroho Budi Wiryanto sebagai perwakilan dari Kodam III/Siliwangi.

Penyerahan donasi diberikan secara terpisah di markas besar masing-masing di Bandung untuk kemudian didistribusikan kepada warga yang membutuhkan.

Pada kesempatan tersebut Kombes Pol M Syahduddi menyatakan bahwa donasi beras dari Tanoto Foundation akan membantu menunjang implementasi PPKM darurat.

Baca juga: Jokowi: Saya Masuk Kampung, Semua Menjerit Minta PPKM Darurat Dibuka

“Saya menilai, donasi ini telah berhasil membantu menurunkan penularan Covid-19 di Jawa Barat,” ujarnya.

Sementara itu, secara terpisah, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengungkapkan bahwa pandemi Covid-19 seharusnya menjadi tanggung jawab bersama.

“Pandemi merupakan bencana nonalam, sehingga tidak bisa diselesaikan oleh satu institusi saja,” ucapnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com