Kompas.com - 02/08/2021, 18:13 WIB
Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KNMIPA) 2021. Dok. Humas ITBKompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KNMIPA) 2021.

KOMPAS.com - Institut Teknologi Bandung (ITB) meraih gelar juara umum setelah memperoleh medali terbanyak yaitu 18 medali di Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KNMIPA) 2021.

KNMIPA 2021 diikuti 260 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang memperebutkan medali yang terdiri dari Medali Emas, Medali Perak, Medali Perunggu, dan honorable mention.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Puspresnas Kemendikbud Ristek) ini merupakan ajang kompetisi matematika dan IPA (sains) tingkat nasional untuk jenjang pendidikan tinggi.

Baca juga: Mahasiswa, Ketahui Profesi Paling Bersinar 5 Tahun ke Depan

Memperlombakan bidang matematika, kimia, fisika, dan biologi dari tingkat perguruan tinggi sejak Februari 2021, lalu disaring ke tingkat wilayah hingga berakhir di tingkat nasional.

Meski digelar secara daring, selama kompetisi seluruh peserta diwajibkan untuk menyalakan kamera selama pelaksanaan seleksi untuk mengurangi kemungkinan tindak kecurangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada bidang matematika, ada empat mahasiswa yang meraih medali. Mereka adalah Kinantan Arya Bagaspati (emas), Abdillah Ahmad (emas), Reynald Saputra (perak), Aditya Dwianto (perunggu).

Pada bidang kimia, ada lima peraih medali. Mereka adalah Azarya Adirama (emas), Mark Soesanto (emas), Bayu Dwiputra (perak), David (perak), Muhammad Rafli Fadhilah (perunggu).

Baca juga: Sering Bolos dan Balap Liar, tapi Usaha Ini Buat Esa Masuk Teknik ITB

Bidang fisika juga memiliki lima peraih medali. Mereka adalah Bryan (emas), Arkananta Rasendriya (perak), Dharma Prasetya Permana (perunggu), Muhammad A’an (perunggu), Aulia Anshari Rahman (perunggu).

Sementara pada bidang biologi, ada empat peraih medali, di antaranya Christopher Chandra (emas), Amalia Alita Fananda (emas), Alfred Patisenah (perak), Josefanny (honorable mention).

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Nizam menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa yang berhasil meraih juara pada ajang KNMIPA 2021.

Menurutnya, semangat pantang menyerah para mahasiswa untuk berprestasi amat diperlukan pada masa pandemi Covid-19.

“Saya mengapresiasi semangat juang yang adik-adik tunjukkan lewat proses KNMIPA yang panjang sekali. Anda sekalian adalah juara, yang telah dibuktikan dengan kerja keras, tekad dan semangat juang untuk terus berprestasi dan maju,” tuturnya pada penutupan KNMIPA 2021 yang digelar secara daring, seperti dilansir dari laman Kemendikbud.

Baca juga: 10 Perguruan Tinggi Tertua di Indonesia, Ada Kampus Kamu?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.