Kompas.com - 03/08/2021, 10:42 WIB
Lima siswa Indonesia mengukir prestasi di ajang International Economics Olympiad (IEO) ke-4 di Riga, Latvia, yang usai dan ditutup pada 1 Agustus 201. DOK. KEMENDIKBUD/PUSPRESNASLima siswa Indonesia mengukir prestasi di ajang International Economics Olympiad (IEO) ke-4 di Riga, Latvia, yang usai dan ditutup pada 1 Agustus 201.

KOMPAS.com - Lima siswa Indonesia mengukir prestasi di ajang International Economics Olympiad (IEO) ke-4 di Riga, Latvia, yang usai dan ditutup pada 1 Agustus 2021. IEO tahun ini juga berlangsung secara daring-penuh dan diikuti oleh tim dari 44 negara.

Kejuaraan ilmu ekonomi untuk siswa jenjang SMA ini melombakan tiga sub-bidang yaitu economics dan financial literacy, bersifat perorangan; serta business case solution, bersifat beregu.

Lima siswa terpilih dari 30 orang penyabet medali Kompetisi Sains Nasional (KSN) bidang Ekonomi tahun 2020 lalu. Lima siswa yang kemudian terpilih mewakili Indonesia dan meraih perunggu dalam IEO 2021 yaitu:

  • Calista Feronique Gunawan (SMA Darma Yudha Pekanbaru),
  • Daffa Muhammad Zidan (SMAN 2 Depok),
  • Ebenezer Mesotuho Harefa (SMAK 3 Penabur Jakarta),
  • Raisa Kendria Smara Karimah (SMAN 8 Jakarta), dan
  • Zulfandi Yahya (SMAN 81 Jakarta)

Semangat sambut HUT ke-76 RI

“Semoga prestasi ini menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk menjadi pelajar Pancasila dan calon-calon pemimpin bangsa yang dapat terus berprestasi dan berinovasi," ujar Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) melalui rilis resmi (2/8/2021).

"Meskipun ajang ini diadakan secara daring, tetapi tidak menghalangi semangat dan ketekunan tim Indonesia untuk meraih prestasi pada ajang kompetisi internasional,” tutur Asep.

Baca juga: Kembali Ukir Prestasi, Siswa Indonesia Raih Medali Olimpiade Fisika Internasional

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena situasi pandemi dan ditambah ketentuan PPKM, kelima siswa tidak sempat berkumpul menjalani pemusatan latihan. Bahkan, sejak memenangkan KSN tahun lalu mereka belum pernah bertemu secara personal, termasuk dengan para pembina dari Puspresnas yang melatihnya.

Semua menjalani lomba dari rumah masing-masing di tengah risiko gangguan sinyal internet dan kekhawatiran listrik padam. Karena perbedaan waktu antara Indonesia dan Latvia, sebagian lomba harus mereka tempuh pada malam hari.

Namun semangat menyumbangkan sesuatu dalam rangka HUT ke-76 Kemerdekaan RI tidak menyurutkan niat mereka. Semangat juang membara, ditambah doa para orangtua di rumah dan guru di sekolah, berhasil mengantarkan mereka naik podium untuk menerima medali. 

 

"Selamat dan sukses untuk talenta-talenta ekonomi Indonesia. Saya ucapkan terima kasih atas prestasi yang telah diraih pada ajang IEO 2021 ini. Tentu saja prestasi tersebut akan menjadi bekal pengalaman berharga bagi para juara untuk meraih masa depan yang gemilang," ujar Asep.

Lebih lanjut, Asep Sukmayadi menceritakan bahwa nama Indonesia dan nama kelima pelajar tersebut tertayang mendunia melalui tautan YouTube IEO 2021 sebagai peraih medali.

“Bukan hanya bangga, kini di tangan mereka sudah tergenggam beasiswa dari Puspresnas untuk menyelesaikan pendidikan jenjang S-1. Bahkan, kalau mau, mereka juga bisa berkuliah di HSE University di Moskow dengan beasiswa penuh,” pungkasnya.

Selain berkompetisi, para kontestan juga mendapatkan bekal ilmu pengetahuan, antara lain dari Eric Maskin (pemenang Hadiah Nobel) dan Gregory Mankiw, pengarang buku yang hasil karyanya menjadi pegangan di fakultas-fakultas ekonomi di hampir semua negara di dunia.

Sekadar informasi, IEO pertama kali diselenggarakan di Moskow, Rusia pada tahun 2018, IEO
kedua diselenggarakan pada tahun 2019 di Saint Petersburg, Rusia, dan IEO ketiga berlangsung secara daring di Kazakhstan pada tahun 2020.

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.