Kompas.com - 08/08/2021, 16:43 WIB
Rutinitas belajar dari rumah bisa menimbulkan stres pada anak. SHUTTERSTOCKRutinitas belajar dari rumah bisa menimbulkan stres pada anak.
|

KOMPAS.com - Selama mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ) karena kondisi pandemi Covid-19, baik guru dan orangtua didorong untuk kreatif.

Hal ini bertujuan agar anak tidak mengalami kejenuhan yang berujung tidak memiliki motivasi lagi. Motivator Character Building Nasional H. Aris Ahmad Jaya menerangkan, masyarakat harus mampu merespons kondisi di era pandemi Covid-19 saat ini dengan kecerdasan.

Menurut Aris, ada beberapa trik dan tips peran orangtua dalam meminimalisir learning loss pada anak selama mengikuti PJJ.

Berikut 5 tips bagaimana peran orangtua dalam meminimalisir learning loss, khususnya dalam karakter anak.

Baca juga: Kisah Mauradiva, Berhasil Lolos Ikut Pertukaran Mahasiswa ke Polandia

Tips bagi orangtua agar meminimalisir learning loss

1. Kebutuhan anak

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan pengamatan dan penelitian yang dilakukan Aris, anak membutuhkan apresiasi. Walaupun dalam kondisi PJJ, mengapresiasi proses itu jauh lebih penting dari sekedar mengapresiasi hasil akhir.

"Apresiasi anak-anak dengan kata-kata positif seperti ungkapan terima kasih. Sebutkan apa yang disukai lalu berikan alasan mengapa layak diapresiasi. Lalu doakanlah anak-anak kita. Ini berlaku juga bagi guru-guru di sekolah," ujar Aris seperti dikutip dari laman Direktorat SD Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Minggu (8/8/2021).

2. Kebersamaan waktu berkualitas, bukan sekedar kuantitas

Waktu yang banyak saat bersama belum tentu membersamai. Orangtua harus membangun momentum seperti makan, menonton dan diskusi bersama.

Baca juga: 9 Kampus Ini Gotong Royong Lakukan Percepatan Vaksinasi Covid-19

3. Cerdas dalam komunikasi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.