Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Tahun Baru Islam, Baikhati.id Gandeng Mahasiswa Salurkan Bantuan Pandemi

Kompas.com - 10/08/2021, 13:28 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 H, Baikhati.id, platform gotong royong penanganan Covid-19, membagikan 2.300 paket sembako dan 800 nasi kotak siap makan secara serentak pada Selasa pagi (10/8/2021).

Dalam penyalurannya, Baikhati.id bekerja sama dengan Komunitas Berbagi dan mahasiswa dari beberapa kampus di DKI Jakarta, Banten, Jabar, Jateng, dan DIY.

Paket sembako disalurkan untuk warga terdampak pandemi di DKI Jakarta, Tangerang Selatan, Depok, wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Semarang dan sekitarnya.

"1 Muharram kita jadikan momentum untuk introspeksi diri dan selalu bersyukur di tengah keterbatasan pandemi yang masih belum berakhir," ungkap Saptana, Co-founder Baik Hati melalui rilis resmi (10/08/2021).

"Di hari yang memiliki banyak keutamaan ini, Baik Hati menggaungkan kembali semangat berbagi kepada sesama melalui program #MuharramBerbagi,” tambahnya.

Baca juga: Ini Syarat dan Cara Daftar Bantuan UKT Rp 2,4 Juta Kemendikbud Ristek

Melibatkan mahasiswa

Beberapa kampus turut berpartisipasi dalam kegiatan di antaranya: Universitas Trisakti, London School of Public Relations, Universitas Al-Azhar Indonesia, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, STIE Darunnajah, Universitas Negeri Yogyakarta.

Ada pula mahasiswa dari Sekolah Tinggi Multi Media "MMTC" Yogyakarta, Universitas Kristen Duta Wacana, Akademi Sekretari dan Manajemen Marsudirini Santa Maria, dan Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Universitas Katolik Soegijapranata (UNIKA).

Kegiatan penyaluran bantuan Baikhati.id kali ini juga melibatkan Akademi Kimia Industri Santo Paulus Semarang, Politeknik Pekerjaan Umum, Universitas Semarang, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Pandanaran.

“Kami senang dapat turut berpartisipasi dalam kegiatan #MuharramBerbagi bersama Baik Hati. Tentu kegiatan-kegiatan seperti ini diperlukan, gerakan anak muda yang kolaboratif sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat,” tutur Radityo Bimo, Ketua Himpunan Mahasiswa Komunikasi Universitas Al-Azhar Indonesia.

Tidak hanya kepada warga, secara khusus Baik Hati membagikan ratusan paket sembako kepada seniman yang juga menjadi pihak yang terdampak selama pandemi.

Ratusan paket sembako termasuk 6 karung beras dan 3 dus minyak goreng ini bantuan ini akan dibagikan oleh tim Baik Hati bersama dengan penyanyi Dewi Perssik dan Selebgram Lucinta Luna di sekitar wilayah Depok, Jawa Barat.

“Teman-teman seniman ini juga menjadi salah satu yang paling terdampak selama pandemi. Saya sendiri turut merasakan bagaimana pandemi begitu berdampak pada industri seni, kreatif, dan entertainment," ujar penyanyi Dewi Perssik.

"Semoga bantuan ini meskipun sederhana, dapat berarti bagi saudara-saudara kita ini,” pungkasnya.

Seluruh paket sembako dan nasi kotak siap santap yang digalang dari para donatur #SahabatBaik ini dibagikan secara door to door kepada warga. Seluruh tim mendistribusikan bantuan dengan menjalankan protokol kesehatan ketat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com