Kompas.com - 16/08/2021, 11:51 WIB
Ilustrasi wisuda KOMPAS.COM/ShutterstockIlustrasi wisuda

KOMPAS.com - Dari banyaknya jurusan kuliah, nyatanya ada sejumlah jurusan masih langka di Indonesia, hanya ditemui di satu atau dua universitas saja.

Meski masih langka, namun prospek kerja jurusan ini terbuka lebar, karena selain belum banyak memiliki lulusan, sejumlah jurusan juga dibuat sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja pada beberapa tahun mendatang.

Berikut sejumlah jurusan yang masih langka di Indonesia, merangkum laman platform edukasi Quipper Campus dan Rencanamu.id, Senin (16/8/2021):

Baca juga: Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

1. Astronomi, ITB

Di Indonesia, Jurusan Astronomi masih sangat langka. Bahkan hanya ada di satu kampus saja, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB).

Peluang kerja bagi lulusan Jurusan Astronomi bisa bervariasi dan cukup luas. Lembaga yang membutuhkan lulusan Astronomi mulai dari lembaga penelitian, pusat sains, lembaga antariksa, planetarium, observatorium, media massa, sekolah, sampai ke perguruan tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, lulusan jurusan ini sangat mungkin melanjutkan karier atau mencoba prospek kerja di luar bidang astronomi, misalnya bidang IT. Karena, mahasiswa Astronomi juga akan belajar tentang pemrograman meski tidak mendalam.

2. Ilmu Keluarga dan Konsumen, IPB University

Program studi Ilmu Keluarga dan Konsumen pada intinya membahas tentang 3 hal, yaitu Keluarga, Anak, dan Konsumen.

Ketiga hal tersebut dibahas dan dikaji dari sisi keilmuan, dengan fokus untuk mengembangkan kualitas anak serta pemberdayaan keluarga serta konsumen.

Prospek kerja dari program studi ini cukup beragam. Lulusannya bisa bekerja menjadi seorang konsultan di bidang perlindungan konsumen dan keluarga, tumbuh kembang anak, dan perlindungan perempuan, tenaga pengajar dan pengelola pendidikan di sekolah-sekolah, spesialis riset pemasaran konsumen, hingga sebagai bagian dari lembaga pemerintah BKKBN.

Baca juga: Mahasiswa, 10 Pekerjaan Ini Banyak Dibutuhkan di Era New Normal

3. Manajemen Industri Katering, UPI

Saat ini, prodi Manajemen Studi Katering Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merupakan yang pertama dan satu-satunya dalam jenjang Strata I (S1) di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.