Kompas.com - 29/08/2021, 16:27 WIB
Ilustrasi daftar riwayat hidup curriculum vitae, contoh CV, CV adalah, cv lamaran kerja PexelsIlustrasi daftar riwayat hidup curriculum vitae, contoh CV, CV adalah, cv lamaran kerja
|

 

KOMPAS.com - Ada banyak pekerjaan yang mulai ditinggalkan karena dampak pandemi Covid-19. Tetapi, ada pula perusahaan yang butuh karyawan.

Terlebih di era serba digital ini, banyak bermunculan jenis pekerjaan baru. Apa saja pekerjaan itu?

Menurut Mendikbud Ristek Nadiem Makarim, dunia kerja atau profesional pun akan berubah seiring berjalannya waktu, khususnya di tengah pandemi seperti saat ini.

Baca juga: Yuk Intip Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Melansir laman Institut Teknologi Batam (Iteba), Selasa (24/8/2021), berikut ini 5 pekerjaan yang dibutuhkan perusahaan di tengah pandemi menurut Nadiem Makarim.

1. Product Manager

Profesi ini bertanggung jawab pada bagian perencanaan dan pengembangan sebuah produk. Dalam perencanaan produk, Product Manager harus merancang produk tertentu yang mempunyai daya tarik dan daya jual yang tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk itu, pekerjaan ini membutuhkan ide revolusioner yang tinggi. Product Manager bertanggung jawab membawahi seluruh tim agar strategi penciptaan produk dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu, profesi ini juga harus dapat menjelaskan dan menerjemahkan produk dengan tepat. Product Manager juga perlu mengarahkan timnya agar bisa membuat produk dan akan mengevaluasinya setelah produk selesai.

Untuk menjadi Product Manager, kamu bisa berkuliah di Jurusan Komunikasi atau bahkan Manajemen Rekayasa.

2. Software Engineer

Software Engineer mempunyai tugas yang lebih luas dari sekadar menulis coding dalam program. Pekerjaan ini bertugas melakukan analisa, membuat rekayasa, menyusun spesifikasi, dan memvalidasi rancangan perangkat lunak.

Posisi pekerjaan Software Engineer pastinya akan terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.