Kompas.com - 31/08/2021, 14:59 WIB
Robot pintar karya tim mahasiswa dari Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM). DOK.Laman UGMRobot pintar karya tim mahasiswa dari Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM).
|

KOMPAS.com - Robot yang satu ini mampu melakukan pekerjaan pintar yakni memindai dan mengukur kemiringan permukaan lantai.

Adapun robot hasil karya tim mahasiswa dari Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) ini memiliki teknologi sensor inersia dan mechanum-driven wheel yang mampu bergerak secara 3-DOF atau Degree of Freedom.

Bahkan robot yang dinamakan Smart Leveling dapat digunakan untuk mempersingkat waktu pekerjaan pengecekan kerataan lantai keramik tanpa mengurangi kualitas pekerjaan, sehingga mengurangi risiko terjadinya kerugian pemilik proyek maupun pelaksana proyek.

Baca juga: Mahasiswa UPN Jogja Inovasi Kardus Cantik dari Limbah Kulit Nangka

Menurut Ketua Tim, Rashad Aryaputra atau biasa dipanggil Naufal, jika Smart Leveling digunakan dalam setiap proyek konstruksi terutama bangunan gedung, maka akan menghemat biaya yang akan dikeluarkan oleh pemilik proyek.

"Selain itu, juga dapat meminimalkan terjadinya kerugian dalam pelaksanaan proyek," ujarnya seperti dikutip dari laman UGM, Selasa (31/8/2021).

Dijelaskan, robot canggih ini merupakan salah satu produk unggulan dari Sekolah Vokasi UGM yang diikutsertakan dalam kompetisi Program Kreativitas Mahasiswa – Karya Inovatif (PKM-KI).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia berharap, produk ini dapat menjawab tantangan dalam sektor pembangunan infrastruktur dan dunia teknik sipil yang dipadukan dengan orientasi robotika dan IoT.

"Dalam dunia konstruksi, manajemen waktu proyek menjadi suatu hal penting. Potensi pemborosan dan kegagalan proyek akan semakin besar jika tidak dilakukan manajemen waktu," paparnya.

Adapun keunikan dari produk ini adalah kemampuan untuk bergerak secara 3-DOF (Degree of Freedom) yang mampu melakukan gerak:

1. translasi maju-mundur (translasi sumbu x)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.