Kompas.com - 31/08/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi wawancara kerja. FREEPIK/KATEMANGOSTARIlustrasi wawancara kerja.

KOMPAS.com - Sebagai fresh graduate, seringkali kamu dihinggapi kebingungan harus mencari kerja di mana, bagian apa, dan bagaimana menjalaninya.

Terlebih, setelah pandemi Covid-19, fresh graduate akan dihadapkan pada masa- masa mencari kerja yang penuh persaingan. Sehingga, sebagai seorang pencari kerja "pemula", kamu harus mempersiapkan diri agar mampu bersaing dalam mencari pekerjaan.

Client Success Senior Associate of Kalibr Indonesia, Deviana Kurniawati mengatakan ada 3 hal yang penting untuk diperhatikan bagi para pencari kerja.

Baca juga: Wings Group Buka 12 Lowongan Kerja untuk Lulusan D3-S1

3 persiapan mencari kerja

Deviana menjelaskan pencari kerja setidaknya mesti menyiapkan memperhatikan tiga hal utama sebelum mencari kerja. Ketiganya yaitu what I know, what I do, and what I do to win.

What I know bermaksud mengetahui tujuan atau motivasi dalam mencari pekerjaan. Tujuan tersebut bisa meliputi pengalaman, pendapatan atau money, mendapatkan validasi dari orang lain, atau hanya sekedar karena pressure dari orang sekitar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau mau kerja tekankan dulu purpose of matters-nya apa, lakukan identifikasi sebelum berkarir! Semua motivasi itu valid, tidak ada yang benar atau salah karena situasi yang dihadapi setiap orang tentu tidak sama,” terangnya dalam webinar DPKKA Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan Airlangga Career Club bertemakan "Job Seeking 101’" seperti dirangkum dari laman Unair News, Selasa (31/8/2021).

Research

Langkah kedua menurut perempuan yang biasa disapa Devi itu adalah what I do atau mulai melakukan proses pencarian kerja. Melakukan hal itu membutuhkan dua hal.

Hal pertama melakukan research terhadap role atau posisi dan perusahaan tujuan. Dalam hal ini, Devi menekankan para jobseeker bukan hanya seksdar apply.

Baca juga: BUMN Bank Mandiri Buka Lowongan Staf Perbankan Lulusan D3-S1

Jobseeker juga harus memperhatikan posisi lamaran sesuai dengan background studi, pengalaman, dan motivasinya di awal atau tidak.

“Kalau sudah melakukan research, selanjutnya adalah job hunt. Kalian bisa mencari info lowongan melalui website perusahaan, Universitas’ Career Center, Job Portal, sosial media, atau cara lainnya,” jelas Devi.

3 kunci wawancara kerja

Terkait dengan what I do to win, menurut Devi ini merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan saat lolos ke tahap interview.

Dia menyebutkan ada tiga moment yang sangat krusial dalam sesi interview, yakni first impression, cara menunjukkan kelemahan diri, dan tahap terakhir saat employer menanyakan pada kita "apakah ada pertanyaan?".

“Ketiga moment itu adalah yang terpenting. Kalian harus benar-benar mempersiapkan diri, penampilan, dan gain insight on a candidate’s skill, experience, personality,” pungkasnya.

Baca juga: Indofood Buka Lowongan Kerja 2021 untuk Lulusan SMA/SMK-S1

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.