Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurusan Kuliah Aktuaria, Lulusannya Banyak Dicari Dunia Kerja

Kompas.com - 02/09/2021, 10:30 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Sudahkah calon mahasiswa menentukan program studi (prodi) yang akan dipilih di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) maupun jalur mandiri PTN maupun PTS 2022?

Bila kamu masih menimbang prodi apa yang akan dipilih, prodi Aktuaria bisa menjadi salah satu pertimbangan karena jumlah SDM dari lulusan ini masih kurang padahal sangat dibutuhkan di Indonesia.

Hal tersebut dipaparkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui akun Instagram resmi, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan, berdasarkan estimasi OJK, jumlah aktuaris untuk industri asuransi masih kurang. Selain itu, industri perbankan dan lembaga keuangan bukan bank juga membutuhkan tenaga aktuaris.

Baca juga: Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Mahasiswa S1 Ilmu Aktuaria UI Christin Evan Chandra berpendapat, ilmu aktuaria adalah kombinasi yang cukup berimbang dari sains dan teknologi serta sosial humaniora.

Bagi calon mahasiswa baru yang berminat mendaftar di program studi ilmu aktuaria sebaiknya memiliki kecenderungan dan tertarik pada bidang matematika.

Meski begitu, prodi ini terbuka bagi lulusan SMA baik jurusan IPA, IPS maupun SMK sesuai dengan kebijakan kampus apakah prodi ini masuk ranah Saintek atau Soshum.

Apa yang dipelajari di jurusan aktuaria

Menurut Ketua Program Studi Ilmu Aktuaria Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Indonesia Hendri Murfi, prodi ilmu aktuaria utamanya mempelajari ilmu aktuaria atau actuarial science, yaitu disiplin ilmu untuk merancang solusi dari permasalahan dan pengelolaan risiko pada industri perasuransian, dana pensiun, jaminan sosial, investasi, perbankan dan industri terkait lainnya.

Tak jarang, program studi ini sering disebut sebagai "matematika asuransi".

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Selain itu, ilmu aktuaria juga akan mempelajari bidang ilmu pendukung lainnya, seperti matematika, statistika, alogaritma dan pemrograman, akuntansi, ekonomi, manajemen serta bidang ilmu terkini seperti ilmu data (data science) dan big data.

Prospek kerja jurusan aktuaria

Lulusan prodi aktuaria berpotensi besar menjadi profesional bidang ilmu aktuaria atau aktuaris.

Setelah kuliah aktuaria, kamu bisa bekerja sebagai:
1. Aktuaris
2. Pemeriksa Klaim dan Asuransi Properti
3. Penilai, Pemeriksa, dan Penyelidik Klaim Asuransi
4. Penaksir Asuransi untuk Kerusakan Kendaraan
5. Agen Penjualan Asuransi
6. Surveyor Risiko Asuransi

Baca juga: Mahasiswa, Ada 5 Tips Lulus Kuliah Cepat 3,5 Tahun

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com