Kompas.com - 03/09/2021, 09:24 WIB
Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek menyelenggarakan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) tingkat nasional. DOK. PUSPRESNASPusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek menyelenggarakan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) tingkat nasional.

KOMPAS.com - Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek menyelenggarakan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) tingkat nasional.

FLS2N bertujuan tidak hanya untuk menggali talenta siswa PDBK di bidang seni budaya namun juga menjadi ajang pelestarian budaya bagi para duta daerah.

“Kita ikut bangga pada anak kita, adik kita peserta FLS2N PDBK, dengan mengikuti kegiatan ini mereka juga berperan sebagai duta daerah untuk mengenalkan, menjaga, dan melestarikan budaya sebagai kekayaan bangsa Indonesia,” disampaikan Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi, di Bandung, pada Rabu (1/9/2021).

Penyelenggaraan FLS2N PDBK menurutnya merupakan wujud upaya dalam menjaga keanekaragaman dan terwujudnya pelestarian budaya bangsa.

Melalui karya-karya kreatif PDBK masing-masing daerah, para peserta akan menampilkan seni yang merupakan ciri khas masing-masing.

“Sehingga kita semua tahu bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa kaya budaya dengan bermacam-macam karakter di mana setiap karakternya adalah mencermikan kearifan lokal daerah masing-masing,” lanjut Asep.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keberagaman karya seni PDBK yang ditunjukan dalam FLS2N, kata Asep, membuktikan bahwa setiap daerah mempunyai ciri khas budaya masing-masing. Di mana keberagaman budaya ini menjadi kekayaan bangsa yang harus dijaga dan dilestarikan.

Selain itu, sebagai ajang untuk mencetak generasi tangguh dan kreatif, FLS2N bukan hanya sekadar wahana berkompetisi, melainkan juga sebagai salah satu upaya penguatan pendidikan karakter.

Dengan demikian, PDBK mempunyai rasa percaya diri, semangat, dan optimisme untuk meraih mimpi.

Asep yakin, ajang ini akan memberi dorongan positif kepada peserta sehingga timbul motivasi yang kuat untuk mengaktualisasikan diri dan berkompetisi secara sehat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.