Kompas.com - 06/09/2021, 10:24 WIB
Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) menciptakan Sinoma, alat deteksi dini kanker mulut. DOK. UGMMahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) menciptakan Sinoma, alat deteksi dini kanker mulut.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sekelompok mahasiswa UGM menciptakan aplikasi android yang dapat digunakan untuk mendeteksi kanker mulut sejak dini.

Mereka adalah Kayla Queenazima Santoso (Teknik Biomedis 2020), Fathan Hudyaussie Santoso (Teknologi Informasi 2019), Mutia Fitri Akmalia (Pendidikan Dokter Gigi 2019), dan Safhira Anggraini Putri (Pendidikan Dokter Gigi 2020).

Baca juga: Tips Masak Makanan bagi Penyandang Diabetes ala Pakar UGM

Aplikasi yang berbasis machine learning tersebut kemudian diberi nama "Sinoma".

Aplikasi Sinoma ini diketahui merupakan proyek yang berasal dari pendapatan Kemendikbud Ristek dalam ajang Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Karya Cipta tahun 2021.

"(Dengan) Sinoma ini, (kami harap) semakin banyak masyarakat peduli kepada kanker mulut. Kami harap pasien bisa mendapatkan penanganan kanker mulut sejak dini sehingga meningkatkan kemungkinan sembuh," kata Kayla melansir laman UGM, Senin (6/9/2021).

Menurut data yang dihimpun dari Global Cancer Observatory (lembaga dibawah WHO), terdapat 5.780 penambahan kasus baru kanker mulut pada tahun 2020 lalu di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kayla dan lainnya melihat penanganan kasus kanker mulut cukup terkendala karena pandemi Covid-19. Ada banyak fasilitas kesehatan gigi mulut yang tutup.

Jika pun dibuka, jumlah pengunjung atau pasiennya dibatasi.

Hal ini kemudian mengakibatkan berkurangnya kesempatan masyarakat untuk melakukan check up.

Jika kondisi atau permasalahan tersebut tidak segera diatasi, maka akan berakibat fatal kepada masyarakat.

 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.