Kompas.com - 13/09/2021, 06:09 WIB
Prof. Reviono saat dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi UNS, Rabu (20/5/2020). DOK.Laman UNSProf. Reviono saat dikukuhkan sebagai Guru Besar Ilmu Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi UNS, Rabu (20/5/2020).
|

KOMPAS.com - Beberapa bulan lalu, kasus Covid-19 di Indonesia kembali naik tajam. Tak heran jika pemerintah menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Meski demikian, kini kasus Covid-19 mulai menurun. Untuk itulah Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K)., memberikan tanggapan.

Prof. Reviono memberikan tanggapan potret pelaksanaan PPKM Darurat khususnya di Jawa Tengah. Ada tiga parameter, yakni epidemiologi, surveilans, pelayanan kesehatan.

Baca juga: Ini Cerita Hasan, Mahasiswa Berprestasi UNS yang Salah Pilih Jurusan

Epidemiologi

Dijelaskan, tren kasus baru dan positive rate saat ini jelas memperlihatkan penurunan di Jawa Tengah.

Hal tersebut didukung oleh data tren kasus Covid-19 hingga September 2021 di Jawa Tengah yang dipaparkan oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, dr. Wahyu Setianingsih, M.Kes. (Epid), positive rate mulai mendekati presentase ideal di angka 5 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Surveilans

Surveilans kesehatan menjadi parameter kedua merujuk pada jumlah tes yang dilakukan. Dari sumber data yang sama, capaian testing Jawa Tengah telah melebihi 100 persen.

Presentase tersebut menjadi gambaran terpenuhinya target tes yang berawal dari proses tracing. Prof. Reviono menilai target tes yang terpenuhi memperlihatkan PPKM yang berjalan baik.

Pelayanan kesehatan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.