Kompas.com - 18/09/2021, 07:50 WIB
Ilustrasi wisuda KOMPAS.COM/ShutterstockIlustrasi wisuda

KOMPAS.com - Menjadi lulusan terbaik hingga meraih cumlaude, menjadi impian hampir semua mahasiswa. Untuk kamu yang saat ini menempuh semester awal di bangku kuliah, ada baiknya kamu mempersiapkan lebih awal.

Cumlaude sendiri, ada jenisnya. Namun sebelum membahas jenis-jenisnya, kamu harus tau apa sih cum laude itu?

Dilansir dari laman campuspedia, Cumlaude merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa Latin yaitu cumlaude yang memiliki arti kehormatan atau pujian. Kata-kata ini sering digunakan di perguruan tinggi untuk memberikan predikat kepada mereka yang lulus dan memenuhi syarat masing-masing universitas.

Baca juga: Ini Mesin Pemberi Pakan Ternak yang Efisien Karya Mahasiswa UGM

Tiga jenis cumlaude

Ternyata gelar kehormatan yang sering dipakai bukan hanya ada satu jenis. Ada 3 jenis berdasarkan rentang nilai dari IPK (Indeks Prestasi Kumulatif), yaitu:

Cumlaude

Gelar cumlaude atau “kehormatan” diberikan kepada mahasiswa yang berhasil menyelesaikan masa studinya dengan nilai IPK dari rentang 3,5 sampai dengan 3,7.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Magna Cumlaude

Naik satu tingkat, magna cumlaude memiliki predikat atau sebutan “kehormatan besar” dimana nilai yang didapatkan juga harus besar. Untuk bisa mendapatkan gelar ini kalian harus mempertahankan IPK di angka 3,7 – 3,9.

Summa Cumlaude

Gelar atau predikat tertinggi disebut sebagai summa cumlaude yang memiliki arti “kehormatan tertinggi”. Tidak main-main seseorang yang mendapatkan gelar ini harus mempunya IPK antara 3,9 sampai dengan 4,0. Wah harus nyaris sempurna yah!

Baca juga: Mahasiswa Baru, Ketahui Beda IP dan IPK

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.