Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah S1 Gratis di Jepang, Daftar Beasiswa MJSP Hokkaido University

Kompas.com - 21/09/2021, 18:57 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak beasiswa yang bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk meringankan biaya pendidikannya baik di dalam maupun luar negeri.

Ada program beasiswa yang menanggung 100 persen biaya pendidikan, ada pula yang hanya membantu meringankan sebagian biayanya.

Jika kamu termasuk salah satu anak muda yang punya impian kuliah di Jepang, program beasiswa yang satu ini jangan sampai terlewatkan.

Program-program kelas internasional dengan pengantar berbahasa Inggris dibuka di sejumlah universitas di Jepang. Salah satunya ditawarkan oleh Universitas Hokkaido.

Baca juga: Videonya Viral di TikTok, Ini Perjuangan Gray Zain Kuliah di Usia 58

Program Modern Japanese Studies Program (MJSP)

Universitas negeri di Jepang ini telah berusia 145 tahun dan menduduki peringkat 6 di Jepang menurut The World University Ranking 2021. Hokkaido University membuka program beasiswa kuliah pada program Modern Japanese Studies Program (MJSP).

Melansir dari website https://www.oia.hokudai.ac.jp/mjsp/for-prospective-students/how-to-apply/, Selasa (21/9/2021), MJSP merupakan program Sarjana bagi mereka yang tertarik mempelajari Masyarakat dan Budaya Kontemporer Jepang, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi Politik.

MJSP merupakan program bergelar sarjana dalam dua bahasa, dengan masa studi selama 4 tahun. Program diawali dengan enam bulan kursus bahasa Jepang intensif. Kemudian peserta akan memulai kuliah dengan bahasa Jepang.

Program beasiswa

1. Universitas Hokkaido memiliki program beasiswa bagi mahasiswa peserta Program Studi Jepang Modern (MJSP). Rincian program tersebut diuraikan di bawah ini:

  • Gratis biaya kursus bahasa Jepang intensif untuk pendaftar Oktober 2022.
  • Gratis biaya pendaftaran dan kuliah untuk tahun akademik 2022/2023 bagi pendaftar gelar Sarjana.
  • Pada tahun kedua perkuliahan dan setelahnya, beasiswa biaya kuliah akan diberikan hanya untuk siswa terpilih berdasarkan nilai akademik.

Baca juga: Punya IPK 2,69, Bagus Muljadi Jadi Asisten Profesor Termuda di Inggris

2. Jika tidak terpilih untuk mendapatkan bantuan pendidikan, mahasiswa dapat mengajukan keringanan biaya kuliah penuh, setengah, atau seperempat jika menghadapi masalah keuangan. Keringanan tersebut didapat dengan menunjukkan prestasi akademik yang luar biasa.

Selain itu, ada beasiswa yang tersedia dari organisasi swasta. Bagi mereka yang ingin mendaftar untuk program tersebut dapat mengajukan beasiswa setelah diterima di Program MJSP.

Persyaratan beasiswa

1. Kewarganegaraan

Individu yang memiliki kewarganegaraan selain Jepang memenuhi syarat untuk mendaftar. Individu yang memiliki status penduduk tetap Jepang tidak memenuhi syarat untuk mendaftar.

Individu yang memiliki kewarganegaraan asing dan kewarganegaraan Jepang harus lulus penyaringan kualifikasi awal sebelum mendaftar. Silakan hubungi pusat penerimaan selama periode di bawah ini dan ikuti petunjuknya.

  • Gelombang pertama pendaftaran: 1 Oktober 2021– 8 Oktober 2021
  • Gelombang kedua pendaftaran: 4 Januari 2022 – 12 Januari 2022

Baca juga: UM Surabaya Berikan Beasiswa bagi Putra-Putri Perawat dan Bidan

2. Kualifikasi dasar

Pelamar harus memenuhi minimal salah satu dari kriteria berikut:

  • Telah menyelesaikan 12 tahun pendidikan sekolah di negara selain Jepang atau diharapkan lulus pada 30 September 2022.
  • Pendaftar yang memiliki kualifikasi/setara dengan syarat nomor 1 dan telah ditunjuk oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi Jepang.
  • Telah menerima International Baccalaureate Diploma di negara selain Jepang pada tanggal 30 September 2022. Diberikan oleh International Baccalaureate, sebuah yayasan sesuai dengan Kode Sipil Swiss.
  • Telah menerima Abitur, gelar yang diakui sebagai kualifikasi untuk masuk universitas di seluruh Jerman.
  • Memegang gelar baccalauréat, gelar yang diakui sebagai kualifikasi untuk masuk universitas di Prancis.
  • Memiliki General Certificate of Education (GCE) Advanced Level (A Levels) yang diakui sebagai kualifikasi untuk masuk universitas di Inggris.
  • Telah menyelesaikan pendidikan sekolah selama 12 tahun di lembaga pendidikan Jepang untuk warga negara asing yang memiliki akreditasi dari Western Association of Schools & Colleges (WASC), Association of Christian Schools International (ACSI) atau Council of International Schools (CIS) atau diharapkan telah lulus pada tanggal 30 September 2021.
  • Dalam hal ini mereka telah terdaftar di sekolah tersebut setidaknya selama dua tahun berturut-turut termasuk tahun ajaran terakhir mereka.

Baca juga: ITS Terapkan Kuliah Hybrid, Mahasiswa Angkatan 2020-2021 Bisa Ikut

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com