Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Webinar UAD: Ini Tips Menjadi Wirausaha Muda

Kompas.com - 26/09/2021, 05:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Menjadi wirausaha tak bisa asal-asalan. Tetapi butuh proses panjang. Kalau perlu juga dapat belajar dari orang yang berpengalaman.

Terkait wirausaha, Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan sharing session dalam rangka kompetisi Wirausaha Muda Mandiri secara daring, Kamis (23/9/2021).

Ada bertajuk “Program CSR Utama Bank Mandiri sebagai wujud Konsistensi Mendukung Tumbuh Kembang Pengusaha Muda Indonesia” ini menghadirkan pemateri yang sekaligus alumni UAD.

Baca juga: Ini Tips Atasi Sesak Napas dari Mahasiswa UNS

Adapun pematerinya ialah Sugeng Handoko Purba, S.T. sebagai pemenang WSM Bank Mandiri 2012 dan apt. Bella Kartika Aprillia, S. Far. pemenang WSM Bank Mandiri 2018.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UAD, Dr. Gatot Sugiharto, S.H., M.H., dalam sambutannya menjelaskan bahwa diskusi kali ini menjadi sangat penting, karena belajar dari dua pemateri berpengalaman, sehingga peserta dapat inspirasi tentang cara berwirausaha.

Kemendikbud Ristek tidak hanya membekali mahasiswa dengan kompetensi-kompetensi akademik yang sesuai dengan jurusannya, tetapi juga membekali dengan bidang-bidang yang lain non-akademik.

"Dan tentu ini bekal yang sangat penting termasuk dalam bidang kewirausahaan," ujarnya dikutip dari laman UAD, Sabtu (25/9/2021).

"Untuk menjadi wirausahawan, prosesnya tidak sederhana, ada banyak hal yang perlu dilakukan. Tentu belajar sesuatu itu yang tepat adalah dengan ahlinya," tambah Gatot.

Menurut Bella Kartika Aprillia, pemateri pertama berbagi pengalaman dan proses hingga ia mendapat juara.

Baca juga: Menteri KKP: Ini Peluang dan Tantangan Mahasiswa Kelautan Perikanan ke Depan

Ia bercerita bahwa berwirausaha sudah dimulainya sejak tahun 2000-an dengan berjualan gelang karet, dari sinilah Bella melatih mentalnya.

Tak hanya itu, saat sudah menjadi mahasiswa Bella masih berkutat dengan hal-hal yang berhubungan wirausaha.

"Tidak semua usaha harus berhasil, tapi apa yang paling penting? Yaitu kita bisa bangkit lagi setelah gagal dan itu pengalaman yang paling mahal karena kita mengalaminya sendiri dan yang murah, kita belajar dari orang yang pernah mengalaminya," terang Bella.

Tips menjadi wirausaha muda

Dia mengatakan, dalam berwirausaha bukan sekadar uang tetapi juga kepercayaan orang lain kepada kita.

Pada akhir sharing, tak lupa Bella memberikan tips cara mendapat pendanaan, salah satunya tentang investor.

Ia menjelaskan bahwa 70 persen investor melihat personality, jadi mereka bukan tidak percaya pada bisnis kita tetapi melihat bagaimana pemaparan bisnis kepada mereka.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com