Kompas.com - 29/09/2021, 05:02 WIB
Kampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta Shutterstock/Fajar Tri AmboroKampus Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta
|

KOMPAS.com - Salah satu kampus terbaik di Yogyakarta ini kembali menunjukkan reputasinya di kancah internasional.

Universitas Gadjah Mada (UGM) menempati peringkat pertama di Indonesia atau sebagai universitas terbaik di Indonesia versi Moscow International University Ranking (Mosiur).

Adapun pemeringkatan Mosiur ini dirilis pada pertengahan September 2021. Di urutan kedua dan ketiga ditempati ITB dan UI.

Baca juga: Alga Coklat Diteliti Jadi Antivirus oleh Mahasiswa UGM

Informasi yang dilansir dari laman Mosiur ini menunjukkan bahwa UGM menempati peringkat kelompok 601-650 dunia dari daftar lebih dari 2.000 perguruan tinggi yang telah disurvei.

Hasil perbaikan terus-menerus

Terkait hal itu, Rektor UGM, Prof. Ir. Panut Mulyono, M.Eng., DEng., menyampaikan rasa syukur atas pengakuan capaian dari hasil rekognisi yang dilakukan oleh pihak luar terhadap UGM selama ini.

"Kami bersyukur atas hasil tersebut karena perbaikan kualitas yang dilakukan secara terus-menerus oleh UGM memberikan hasil dan dibuktikan dengan penilaian oleh pihak luar," terang Rektor UGM.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan kualitas yang baik maka kemanfaatan dan kontribusi kepada masyarakat, bangsa, dan negara diharapkan semakin besar.

Pada pemeringkatan Mosiur ini disebutkan bahwa ada tiga indikator kriteria pemeringkatan yang dijadikan tolok ukur dalam penilaian sebuah universitas yakni:

  • bidang pendidikan (45 persen)
  • penelitian (25 persen)
  • indikator universitas dan masyarakat (30 persen)

Di bidang pendidikan, rasio anggaran terhadap mahasiswa dan rasio mahasiswa dan staf akademik memiliki porsi penilaian paling besar yakni masing-masing 15 persen.

Baca juga: Ini Deterjen Ramah Lingkungan Inovasi Mahasiswa UGM

Menurut Prof. Panut, di UGM rasio anggaran terhadap kegiatan mahasiswa dalam bidang riset dan kemahasiswaan ditingkatkan, begitu pula mahasiswa dengan staf akademik makin diperkecil.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.