Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPI Dunia Mobile App, Beri Perlindungan bagi Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri

Kompas.com - 29/09/2021, 19:20 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Guna memberikan perlindungan bagi pelajar Indonesia yang menuntut ilmu di luar negeri, sekaligus Guna menyosialisasikan kegiatan, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia resmi meluncurkan melalui Community Platform Aplikasi PPI Dunia.

Saat ini, fitur-fitur yang tersedia di aplikasi PPI Dunia meliputi Forum, News-Update, Event, University Information dan Panic Button yang dapat digunakan pelajar dalam keadaan darurat.

Ke depannya, aplikasi ini juga akan dilengkapi dengan fitur e-Transfer, Recruitment, e-Learning, e-Commerce, dan Student Loan untuk membantu mahasiswa yang ingin kuliah ke luar negeri tetapi terkendala secara finansial.

Koordinator PPI Dunia 2021-2022, Faruq Ibnul Haqi menyebut pengembangan aplikasi PPI Dunia merupakan salah satu bentuk wujud nyata kolaborasi sinergi PPI Dunia dengan salah satu unsur Pentahelix yaitu PT Omega Education Group sebagai unsur industri atau bisnis.

Baca juga: Beasiswa S2 University of Cambridge 2022, Tunjangan Rp 351 Juta Per Tahun

Dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, aplikasi PPI Dunia telah resmi diluncurkan pekan lalu secara daring melalui platform Zoom dan Youtube PPI Dunia.

Dalam arahannya, Sandi mengharapkan bahwa penggunaan aplikasi ini bukan hanya untuk otomatisasi bisnis tetapi dapat digunakan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan bangsa sekaligus sebagai sarana peningkatan database pelajar Indonesia sedunia.

Pengembang aplikasi, imbuh Sandi, juga diharapkan untuk dapat meningkatkan perlindungan data pribadi dari data breach ataupun serangan cybersecurity.

“Pemerintah tentunya harus berperan untuk menghadirkan kebijakan dan regulasi yang mendukung untuk penguatan ekosistem aplikasi digital dan ekonomi kreatif,” imbuh Sandi dalam acara peresmian dan launching aplikasi PPI Dunia dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Beasiswa S2 Stanford University 2022, Kuliah Gratis dan Biaya Hidup

Acara ini turut dihadiri oleh Daniel Tumpal S. Simanjuntak selaku Sekretaris Tim Percepatan Pemulihan Ekonomi RI, Rizvian Ritheli Riundo Sinaga, selaku Chief Technology Officer, PT Omega Education Group, dan juga Koordinator PPI Dunia periode 2020-2021 Choirul Anam.

Dalam paparannya, Daniel menyampaikan ucapan selamat atas terobosan aplikasi PPI Dunia dan mengharapkan bahwa aplikasi PPI Dunia nantinya dapat terkoneksi dengan aplikasi yang ada di KEMLU yaitu Safe Travel khususnya untuk perlindungan WNI di luar negeri.

Untuk menggunakan aplikasi PPI Dunia, mahasiswa dapat langsung mengunduh di App Store dan Play Store.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com