Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/10/2021, 13:40 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal Maudy Ayunda? Tak hanya dikenal sebagai sosok artis multitalenta, jenjang pendidikan yang ditempuh Maudy juga tak bisa dipandang sebelah mata.

Maudy sempat membuat heboh netizen Indonesia karena galau menentukan pilihan universitas untuk melanjutkan program S2-nya. Maudy harus memilih program S2 di Harvard jurusan Pendidikan atau di Stanford jurusan Administrasi Bisnis.

Maudy Ayunda akhirnya memutuskan memilih S2 di Stanford University. Maudy berhasil lulus dalam waktu dua tahun dengan dua jurusan sekaligus, Administrasi Bisnis dan Pendidikan.

Pendidikan yang ditempuh Maudy Ayunda ini tentu bisa menginspirasi seluruh anak muda di Indonesia. Kamu bisa mencontoh cara belajar dari Maudy Ayunda agar bersemangat dan fokus dalam menjalankan studi.

Baca juga: Waspadai Dampak Anemia pada Remaja Putri, Ini Penjelasan Dosen IPB

Merangkum dari akun Instagram Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Rabu (6/10/2021), ada beberapa cara belajar efektif yang diterapkan Maudy selama menempuh pendidikan. Mau tahu bagaimana cara belajar Maudy Ayunda? Yuk simak bersama ulasan berikut ini.

Cara belajar efektif ala Maudy Ayunda

1. Fleksibel dan adaptif

Siswa harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Hal ini dapat membantumu mempelajari hal-hal baru.

Saat memasuki lingkungan baru, kamu juga harus aktif bersosialisasi untuk menemukan teman baru yang bisa membantumu dalam berbagai urusan.

2. Membaca buku

Sudah menjadi rahasia umum bahwa buku adalah gudang ilmu. Oleh karena itu, rajinlah membaca buku. Langkah ini merupakan poin penting untuk memperluas wawasan.

Baca juga: Seperti Ini Etika Mengikuti Pembelajaran Online Saat Pandemi Covid-19

Mulailah mencintai buku secara perlahan. Kamu dapat melatih diri membaca buku dengan menjadikannya sebagai sebuah rutinitas sehari-hari.

3. Memahami konsep

Siswa perlu tahu, bahwa belajar itu bukan untuk menghafal. Kamu harus memahami konsep dan inti materinya. Kalau hanya hafal tapi tidak mengerti poinnya, kamu akan terus mengulang materi karena tidak memahami konsep. Hal ini tentu akan menghabiskan waktu belajarmu.

4. Koreksi hasil ulangan atau ujian

Setelah ujian selesai, biasanya guru akan membagikan hasil ujian beserta jawabannya. Dari situ kamu bisa mempelajari lagi dan melakukan learning by mistake.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com