Kompas.com - 06/10/2021, 17:52 WIB
Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek dan Universitas Telkom menggelar Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) ke-14 secara daring, pada tanggal 4-7 Oktober 2021. DOK. PUSPRESNASPusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek dan Universitas Telkom menggelar Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) ke-14 secara daring, pada tanggal 4-7 Oktober 2021.

 

KOMPAS.com - Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek menggelar Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) ke-14 secara daring, pada tanggal 4-7 Oktober 2021.

Gelaran yang merupakan kolaborasi dengan Universitas Telkom ini bertujuan menyiapkan serta mengidentifikasi talenta emas Indonesia yang mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Plt. Kepala Puspresnas, Asep Sukmayadi, dalam pembukaan yang dilakukan secara daring di Bandung, Selasa (5/10/2021), mengatakan, Gemastik merupakan bagian dari implementasi Merdeka Belajar dan kebijakan Kampus Merdeka.

“Melalui ajang Gemastik ini, para peserta belajar tentang motivasi diri untuk berprestasi, dan belajar untuk bisa mengesampingkan kesenangan untuk mendorong prestasi,” ungkap Asep Sukmayadi. 

“Kita akan menyaksikan karya terbaik yang dikurasi bersama Universitas Telkom untuk menjadi inovasi masa depan kita sekaligus ajang ini menjadi wadah untuk menanamkan nilai-nilai luhur sebagai pelajar Pancasila yang tangguh, kritis, inovatif, berakhlak mulia, dan berkebinekaan global," tambahnya.

Bangkit lewat teknologi informasi dan komunikasi

Tahun ini, Gemastik XIV mengusung tema “TIK Untuk Indonesia Bangkit Menuju Kehidupan Bangsa yang Lebih Baik” digadang sebagai ajang katalis dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diharapkan, para mahasiswa nantinya akan mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK dan pemanfaatannya bagi masyarakat dan bangsa.

Baca juga: Ajarkan Literasi Digital Kepada Anak agar Terhindar dari Beragam Konten Negatif

“Kita ingin menanamkan nilai kekuatan mental dan karakter yang muncul, untuk menyiapkan mahasiswa menjadi generasi tangguh dan generasi tumbuh dengan inovasi dan kreativitas,” jelas Asep.

Dalam kesempatan sama, Ketua Pelaksana Gemastik XIV, Dida Diah Damajanti mengungkapkan kegembiraannya karena ajang Gemastik semakin diminati mahasiswa Indonesia.

“Terlihat dari banyaknya jumlah mahasiswa, jumlah perguruan tinggi, dan jumlah provinsi yang ikut berpartisipasi. Untuk peserta yang mengikuti tingkat final adalah tim yang lolos babak penyisihan dengan jumlah 230 tim yang berasal dari 67 perguruan tinggi negeri dan swasta yang tersebar di LLDIKTI Wilayah I-XVI,” pungkasnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.