Kompas.com - 10/10/2021, 16:34 WIB
Ilustrasi ikan hias di akuarium. PIXABAY/HANS BAXMEIERIlustrasi ikan hias di akuarium.
|

KOMPAS.com - Tak hanya bisa bekerja di suatu perusahaan, setelah lulus mahasiswa juga bisa membuka sebuah usaha sendiri.

Usaha yang dirintis pun bisa sesuai dengan hobi atau sesuai bidang ilmu yang dipelajari saat di bangku kuliah.

Namun merintis suatu usaha sebenarnya tidak perlu menunggu setelah lulus kuliah. Mahasiswa bisa memulai bisnis saat masih menjalani studinya. Bahkan banyak wirausaha muda yang sukses menjalankan bisnisnya meski berstatus mahasiswa.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) juga terus mendorong lahirnya para wirausaha muda di kalangan mahasiswa.

Baca juga: Garuda Food Buka Lowongan Kerja bagi S1 Fresh Graduate

Kembangkan hobi jadi peluang bisnis

Seperti yang dilakukan mahasiswa Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPN Jogja) berhasil menjadi pebisnis muda yang sukses.

Muhammad Hanun Khairy mencoba peruntungan merintis usaha di bidang ikan hias dan aquarium. Bisnis ikan hias dan akuarium ini telah berjalan selama satu tahun.

Memelihara ikan hias dipilih menjadi lini usahanya karena selama pandemi Covid-19, hobi yang satu ini makin banyak diminati masyarakat.

Baca juga: Ini Besaran Gaji dan Tunjangan yang Diperoleh PPPK Guru

Omzet naik 20 persen selama pandemi

Hanun mengaku, memulai usaha ini berawal dari ide untuk mengembangkan hobi yang bisa menjadi peluang bisnis.

"Saya melihat potensi bahwa bisnis ikan hias tidak akan pernah redup. Berkat usaha ini, pernah berhasil mendapatkan omzet tertinggi sebesar Rp 60 juta," kata Hanun seperti dikutip dari laman UPN Veteran Yogyakarta, Minggu (10/10/2021).

Dia mengaku, rata-rata omzet yang diperoleh dari menjalankan bisnis ikan hias ini mencapai Rp 36 juta per bulan. Selama pandemi Covid-19, bahkan bisnis ikan ini mengalami kenaikan omzet sebesar 20 persen.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.