Kompas.com - 10/10/2021, 17:54 WIB
ilustrasi mie segar. PIXABAY/Mrdidgilustrasi mie segar.
|

KOMPAS.com - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) membuat karya berupa makanan mi jahat (jagung sehat).

Adapun karya atau inovasi itu untuk mendukung Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D), salah satu agenda kegiatan Kemendikbud Ristek, berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa.

Tujuannya adalah menumbuhkan rasa peduli mahasiswa dan berkontribusi kepada masyarakat desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera.

Baca juga: Eksistensi Manusia Kerdil di Bengkulu Selatan Diteliti Mahasiswa UNY

Melansir laman resmi UNY, Jumat (8/10/2021), BEM Fakultas MIPA UNY mengusung tema ‘Pengadaan Sentra Industri Jagung Melalui Inovasi Ekonomi Kreatif dan Peningkatan Taraf Kesejahteraan Pendidikan di Kalurahan Sumbergiri Kapanewon Ponjong Kabupaten Gunungkidul’.

Para mahasiswa itu terdiri, Ketua Tim Dhanu Sancoko dengan anggota Alifah Nida Luthfiyah, Amri Shabirin, Fadilla Panca Syaputri, Fadly Ryan Wicaksana, Fauzan Jarqi, Hanifah, Maharani Andita Mayangsari, Mughnika Alimmaristya Muazzam, Muhammad Zaky Alfiansyah, Rizka Atika Nur Azizah, Sofia Erna Wati, Wina Afifah Putri, Wulan Febrianingsih dan Yuliantika Puteri Wardani.

Menurut Dhanu Sancoko mayoritas masyarakat ketiga padukuhan di Sumbergiri ini berprofesi sebagai petani dengan tanaman jagung, kacang tanah dan umbi-umbian pada banyak lahan kosong berlahan subur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mereka memiliki etos kerja yang tinggi dalam mengelola pertanian. Namun sebagai dusun yang masih berkembang dengan keterbatasan fasilitas membuat kurang optimal dalam hal produktivitas dan hasil pertanian sehingga rerata pendapatan masih cukup rendah," terangnya.

Oleh karena itu dengan didukung program PHP2D mereka mengadakan pelatihan olahan jagung dan pendampingan belajar bagi anak-anak.

Tentu melalui program Relawan Belajar MIPA yang memanfaatkan SDM dari mahasiswa FMIPA UNY sebagai tentor dan pemberdayaan untuk karang taruna yang akan melanjutkan pengelolaan ruang belajar tersebut. Sehingga dapat meningkatkan taraf kesejahteraan pendidikan di Kalurahan Sumbergiri.

Yuliantika Puteri Wardani menambahkan, tim PHP2D BEM FMIPA menyelenggarakan pelatihan pembuatan mi jagung karena jagung merupakan hasil panen utama di ketiga padukuhan.

Baca juga: Webinar UNY: Seperti Ini Nilai Luhur Pendidikan Khas Yogyakarta

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.