Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menaker Buka Sosialisasi Magang Luar Negeri, Banyak Lulusan Jadi Pengusaha

Kompas.com - 12/10/2021, 14:20 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah secara resmi membuka Sosialisasi Pemagangan Luar Negeri, Senin (11/10/2021).

Ida mengatakan, Pemerintah melalui Kemnaker terus berupaya menekan pengangguran di Tanah Air, salah satunya melalui program pemagangan.

"Kita punya keinginan pengangguran bisa kita tekan salah satu alternatifnya adalah melalui pemagangan," ucap Ida seperti dilansir dari laman Kemnaker.

Ia menambahkan, pemagangan luar negeri, khususnya ke Jepang sudah berlangsung sejak tahun 1993 dan hingga saat ini peserta yang sudah dikirim ke Jepang sudah mencapai 85.415 orang peserta.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun untuk Lulusan SMA-SMK, D3 dan S1

Menurutnya, banyak mantan peserta yang mengikuti pemagangan di Jepang kemudian menjadi pengusaha sukses atau diterima dunia usaha, baik di Jepang sendiri maupun di dalam negeri.

"Mereka mulai dari pemagangan, kemudian bisa menjadi pekerja. Ada yang (kini) miliki pekerja sampai 500. Banyak sekali lah dari usaha kecil sampai skala menengah," ucapnya.

Ia menyatakan bahwa pemagangan di Jepang sempat dihentikan sementara karena pandemi. Katanya, Pemerintah Jepang membatasi kehadiran warga negara asing, termasuk peserta pemagangan.

Namun, kini pihaknya sudah berkirim surat ke Pemerintah Jepang agar kembali membuka diri untuk pemagangan dari Indonesia. Hal itu seiring dengan perbaikan kondisi Covid-19 di tanah air.

Menaker juga menjelaskan, pemagangan merupakan bagian dari proses pelatihan dengan menempatkan peserta di perusahaan, sehingga mereka bisa merasakan situasi dan suasana bekerja.

Baca juga: Yakult Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA-SMK dan D3

"Jadi pemagangan itu bagian dari pelatihan. Pemagangan bukan untuk mendapatkan tenaga kerja murah secara terselubung, bukan. Pemagangan adalah bagian dari proses pelatihan," ucapnya.

Melansir laman Kemnaker, merujuk pada tahun 2020, berikut gambaran alur detail proses pemagangan luar negeri dari pendaftaran sampai pemagangan selesai dilakukan:

Alur detail proses pemagangan luar negeri

Proses seleksi peserta pemagangan luar negeri:

1. Pemeriksaan administrasi

2. Tes matematika

3. Kesemaptaan

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com