Kompas.com - 13/10/2021, 20:03 WIB
Ilustrasi belajar online. DOK. FREEPIKIlustrasi belajar online.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Adanya pandemi Covid-19 membuat para tenaga pengajar di segala jenjang pendidikan harus memanfaatkan teknologi dalam melaksanakan pembelajaran.

Pemanfaatan media digital dalam pembelajaran saat ini menjadi tuntutan harus dilakukan. Apalagi dengan perkembangan dunia informasi dan teknologi saat ini.

Tenaga pengajar perlu melakukan eksplorasi berbagai media digital yang dapat digunakan untuk menunjang aktivitas pembelajaran.

Dengan memanfaatkan teknologi, proses belajar online pun menjadi tidak membosankan. Namun yang paling penting adalah proses evaluasi pemahaman peserta didik dalam pemanfaatkan teknologi ini bisa tetap tercapai.

Baca juga: Trakindo Buka Lowongan Kerja Lulusan SMK hingga S1, Cek Syaratnya

Bagi para tenaga pendidik, bisa membuat kuis-kuis ringan seputar materi pembelajaran menggunakan berbagai platform kuis digital yang menarik dan menyenangkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Merangkum dari situs resmi Direktorat SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) ada beberapa platform kuis digital yang dapat digunakan. Mari simak bersama ulasan berikut ini.

1. Google Form

Google Form dapat terintegrasi langsung dengan Google Classroom. Google forms dapat digunakan untuk membuat soal berbentuk pilihan ganda (multiple choice), uraian panjang, maupun uraian pendek.

Selain itu, Google Forms juga dapat digunakan untuk mengunduh dokumen seperti foto, video, rekaman suara, dan berbagai dokumen lain dengan ukuran maksimal 10MB.

Baca juga: Ini Lho Ekspektasi Dosen terhadap Para Mahasiswanya

2. Quizizz

Quizizz memiliki penampilan yang menarik dengan tema berwarna dan animasi. Quizizz juga dilengkapi dengan fitur super yang dapat memungkinkan pembuat kuis menambahkan penjelasan dari jawaban kuis.

Jika ingin mengerjakan menggunakan kuis, tersedia berbagai template yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.