Kompas.com - 14/10/2021, 10:33 WIB
Mahasiswa UGM berhasil mengembangkan inovasi dengan memanfaatkan limbah plastik menjadi  speaker bluetooth multifungsi yang dilengkapi dengan fitur powerbank. Dok. UGMMahasiswa UGM berhasil mengembangkan inovasi dengan memanfaatkan limbah plastik menjadi speaker bluetooth multifungsi yang dilengkapi dengan fitur powerbank.

KOMPAS.com - Meningkatnya jumlah sampah plastik membuat mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) berinovasi mengubah sampah plastik menjadi barang yang berguna.

Mahasiswa UGM berhasil mengembangkan inovasi dengan memanfaatkan limbah plastik menjadi speaker bluetooth multifungsi yang dilengkapi dengan fitur powerbank.

Selain memiliki corak marble yang unik dan mudah dibawa ke mana-mana, produk ini juga mempunyai fitur tambahan power bank dengan kapasitas 7500mAh yang membuat produk ini bisa bertahan hingga 12 jam.

Tim mahasiswa yang mengembangkan inovasi melalui Program Kreativitas Mahasiswa di bidang Kewirausahaan (PKM-K) tersebut ialah Hafifah Putri Varadhias (Manajemen), Amuirul Fauzan Ibrahim (Teknik Mesin), Rifki Kurniawan (Matematika), Mukhsin Al Fikri Lubis (Teknik Elektro), Syafaat Mahrus Ali (Teknik Elektro).

Baca juga: Lulusan 8 Kampus Ini Cepat Dapat Kerja, Ada Kampus Kamu?

Ketua tim pengembang, Hafifah mengatakan produk yang diberi nama Saura ini memiliki konsep multifungsi, unik, affordable, praktis, serta eco-friendly.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saura sendiri diambil dari kata Sansekerta yang berarti suara yang indah.

"Dikatakan multifungsi karena Saura menggabungkan dua fitur yaitu speaker bluetooth dan bank daya dalam satu produk," jelasnya, Rabu (13/10/2021), seperti dilansir dari laman UGM.

Sementara Syafaat Mahrus menambahkan Saura dibuat dari olahan daur ulang plastik jenis HDPE dengan compressive strength kelas IV atau setara dengan kayu sengon (285 kg/cm2).

Lalu, lanjut dia, Saura memiliki tensile strength yang setara dengan kayu jati.

Produk Saura merupakan salah satu hasil PKM UGM yang lolos ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2021 yang akan digelar akhir Oktober mendatang.

Baca juga: Beasiswa S2 Jepang 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 18 Juta Per Bulan

Secara keseluruhan ada 124 tim PKM UGM yang berhasil melaju ke PIMNAS dan menempatkan UGM sebagai universitas dengan jumlah peserta lolos terbanyak di Indonesia.

Kehadiran produk ini diharapkan dapat berdampak sosial seperti meningkatkan pilihan bagi konsumen atas produk yang unik dan ramah lingkungan. Selain itu, juga membantu mengurai persoalan sampah plastik di masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.