Kompas.com - 16/10/2021, 12:41 WIB
Ilustrasi Mahasiswa DOK. KALBIS INSTITUTEIlustrasi Mahasiswa
|

KOMPAS.com - Bagi yang ingin melanjutkan kuliah, maka harus mempersiapkan diri mulai dari sekarang. Tentu yang paling penting ialah menentukan jurusan kuliah yang tepat.

Hal itu disebabkan jurusan yang kamu pilih akan menentukan masa depan dan prospek kerja. Apa saja persiapan yang bisa dilakukan sebelum menentukan jurusan kuliah?

Memilih jurusan kuliah yang tepat kadang menjadi tantangan tersendiri bagi para pelajar yang sudah memasuki tahun terakhir SMA.

Baca juga: Tidak Jago Matematika, 10 Jurusan Kuliah Ini Bisa Jadi Pilihan

Hal itu tentunya memerlukan pertimbangan yang matang. Selain berkaitan dengan prospek karir, kamu juga harus memperhatikan minat dan bakatmu.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat memilih jurusan kuliah. Berikut 4 kunci sukses memilih jurusan kuliah yang dilansir dari laman resmi Institut Teknologi Batam (Iteba).

1. Pahami jurusan kuliah yang jadi tujuan

Di Indonesia, ada banyak kampus juga banyak jurusan kuliah. Setiap jurusan tentunya mempelajari hal yang berbeda-beda. Maka kamu harus benar-benar memahami jurusan yang akan dipilih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Biasanya, siswa saat memasuki tingkat akhir di SMA terdapat bimbingan konseling untuk siswa. Guru BK tersebut akan menjelaskan mengenai jurusan perkuliahan dan merekomendasikannya kepadamu sesuai dengan prestasi atau pencapaian selama kamu bersekolah.

Bimbingan konseling akan memberikan gambaran umum tentang jurusan perkuliahan. Setelah itu, kamu harus mencari informasi yang lebih mendalam tentang jurusan yang kamu minati. Kamu bisa mencarinya lewat berbagai situs internet.

Selain itu, kamu juga bisa bertanya langsung kepada para senior yang sudah menekuni jurusan tersebut. Pemahaman jurusan kuliah sangat penting supaya kamu tidak salah jurusan.

Baca juga: Agar Tidak Salah Jurusan Kuliah, Mahasiswa ITS Gagas Platform Ini

2. Harus objektif

Menentukan jurusan kuliah tidak dapat dilakukan dengan subjektif. Jika kamu menyukai satu jurusan kuliah, kamu bisa mendiskusikannya dengan orang-orang di sekitarmu, terutama dengan orang tuamu. Biasanya, mereka akan memberikan solusi yang bisa dipertimbangkan kembali.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.