Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skill yang Harus Dikuasai Mahasiswa di Dunia Kerja 5 Tahun Mendatang

Kompas.com - 18/10/2021, 11:17 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ingin meniti karier yang bagus setelah lulus tidak hanya mengandalkan nilai akademik yang bagus.

Tapi juga harus memiliki kompetensi lain yang penting digunakan di dunia kerja. Apalagi di era serba digital, ada penguasaan keterampilan yang harus dimiliki pekerja profesional. 

Merangkum dari laman Universitas Bina Nusantara (Binus), Minggu (17/10/2021), berikut keterampilan yang perlu kamu pelajari agar bisa bersaing pada lima tahun mendatang.

Baca juga: Anak Usaha Kimia Farma Buka Lowongan Kerja Lulusan D3, Yuk Daftar

1. Artificial Intelligence

Berbagai perangkat lunak seperti business intelligence mulai mengisi tren teknologi bisnis terkini. Bahkan, sekitar 70 persen operasional bisnis berlangsung secara digital. Hal ini terjadi berkat semua berkat proses otomatisasi yang ditingkatkan oleh kecerdasan buatan.

Kondisi ini membuat harus akrab dengan kecerdasan buatan. Apapun industri yang akan digeluti nantinya. Kamu bisa mulai mempelajari bagaimana pengembangan kecerdasan buatan tersebut sehingga lebih kenal dengan teknologi dan menerapkannya di tempat kerja.

2. Cloud Computing

Saat ini hampir semua perusahaan menyimpan dan mengelola data mereka dengan cloud computing. Cara ini dinilai lebih aman sekaligus mempermudah akses jarak jauh menuju platform perusahaan dari mana saja dan kapan saja.

Menguasai cloud computing juga penting dalam membantu kamu mendistribusikan dan mengelola proyek individu dengan cara lebih efektif. Kamu bisa mendemonstrasikan keterampilan manajemen suatu proyek. Menguasai keterampilan ini tentu menjadi nilai tambah di mata perusahaan.

Baca juga: Kemenag Tingkatkan Kompetensi Literasi Digital bagi Guru Madrasah

3. Coding

Coding jadi salah satu keterampilan yang paling dibutuhkan saat ini. Keterampilan ini juga bisa dipelajari siapa saja. Penerapan coding terbilang luas, bukan hanya pada industri IT saja, tetapi juga merambah ke sektor industri lain. Bahkan, para ahli berpendapat coding akan segera jadi basic life skill yang harus dimiliki semua orang.

Namun, belajar coding bukan hal mudah. Kamu bisa mencoba mulai dari bahasa pemrograman paling sederhana, seperti JavaScirpt dan HTML. Setelah menguasai bahasa dasar, kamu bisa meningkatkan keterampilan dengan bahasa pemrograman populer, antara lain Python dan C++.

4. UX Design

Keberadaan internet sebagai sumber utama konsumen mencari informasi, produk, dan layanan membuat user experience (UX) design jadi kunci utama. Desain UX yang buruk bisa membuat konsumen enggan mengakses suatu web.

Hal ini tentu menimbulkan dampak tidak bagus bagi perusahaan. Sehingga banyak perusahaan mencari UX designer demi tetap kompetitif di masa mendatang. Kamu bisa ikut kursus dan mendalami keterampilan ini. 

Baca juga: Dosen UGM Ungkap Cara Meningkatkan Produksi Ayam Kampung

5. Kecerdasan emosional

Memiliki kecerdasan emosional kuat akan mendorong memahami cara memproses dan meregulasi perasaan agar selaras dengan perasaan rekan kerja. Keterampilan interpersonal yang kuat jadi ciri seseorang dengan kecerdasan emosional tinggi.

Jika memiliki kecerdasan emosional yang bagus, kamu akan terampil berkomunikasi maupun beradu argumen. Sekaligus tetap bersikap tenang tanpa kehilangan kendali diri terhadap situasi. Kamu bisa coba melatih soft skill ini dengan lebih peka terhadap lingkungan sekitar.

6. Berpikir kritis

Berpikir kritis mengindikasikan kemampuan seseorang memecahkan suatu masalah yang samar maupun kompleks. Dengan keterampilan berpikir kritis kuat, kamu bisa menemukan solusi berbagai masalah dalam pekerjaan sehari-hari. Sehingga bisa mengatasi masalah secara mandiri.

Baca juga: Jelang Seleksi PPPK Tahap 2, Kemendikbud Imbau Guru Persiapkan Diri

7. Komunikasi

Komunikasi efektif jadi salah satu modal utama kamu dalam berkarier di mana saja. Bukan hanya berkomunikasi secara lisan, tetapi juga lewat tulisan.

Keterampilan komunikasi pun tidak bisa kamu dapatkan dalam semalam, tetapi harus berlatih dan berlatih. Coba mulai beranikan diri bertanya atau mengutarakan pendapat saat mengikuti kuliah atau seminar. 

8. Kepemimpinan

Menjadi seorang pemimpin berarti tahu bagaimana cara efektif memotivasi dan mengarahkan orang lain dalam mencapai suatu tujuan. Perusahaan mana pun butuh sosok yang bisa diandalkan sebagai pemimpin untuk meraih sukses bersama.

Mengembangkan jiwa kepemimpinan dalam diri jadi hal penting untuk masa depan karier yang cemerlang.

Baca juga: Mahasiswa Wajib Tahu, Seperti Ini 5 Etika Ikuti Kuliah Online

Itulah 8 skill yang harus dikuasai mahasiswa yang sudah lulus dan siap kerja pada lima tahun mendatang. Jika menguasai 8 skill ini, keinginan untuk memiliki karier cemerlang akan semakin terbuka lebar. Kamu juga bisa mempelajari keterampilan tersebut mulai dari sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com