Kompas.com - 18/10/2021, 13:09 WIB
ilustrasi gamelan Dokumentasi Desa Wisata Pentingsariilustrasi gamelan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Indonesia memiliki banyak sekali kesenian dan budaya. Sudah menjadi kewajiban generasi muda untuk melestarikan kesenian dan budaya itu agar tidak tergerus zaman.

Selain mengandalkan tradisi yang masih dilakukan masyarakat daerah, kesenian dan budaya ini bisa terus dilestarikan dengan peran dari sekolah maupun perguruan tinggi.

Sejumlah perguruan tinggi pun sudah memiliki jurusan yang berfokus pada kesenian tertentu. Misalnya jurusan Seni Tari atau Karawitan.

Jurusan ini bisa memfasilitas calon mahasiswa yang memang tertarik pada bidang seni tersebut.

Baca juga: Undip Peringkat Ke-2 dalam Capaian IKU Kelompok PTN-BH

Unsoed akan buka prodi Karawitan, Tari dan Pedalangan

Para lulusannya tentu otomatis memiliki keahlian yang bisa digunakan untuk melestarikan kesenian dan budaya asli Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto pun ikut berpartisipasi dalam melestarikan kesenian dan budaya di Indonesia.

Unsoed menggagas tiga program studi (prodi) baru untuk mengembangkan seni dan budaya daerah. Ketiga prodi yang akan dibuka yaitu Karawitan, Tari dan Pedalangan.

Rektor Unsoed Prof. Suwarto menjelaskan, pendirian prodi ini merupakan keinginan dari masyarakat lewat beberapa tokoh masyarakat Banyumas yang peduli dengan budaya lokal.

Baca juga: Kemenag Tingkatkan Kompetensi Literasi Digital bagi Guru Madrasah

Mereka menginginkan keberadaan kampus atau pendidikan tinggi mendidik generasi muda dan menghasilkan lulusan yang diharapkan mengembangkan budaya agar lebih terkenal dan dicintai masyarakat.

"Pada prinsipnya kami siap mendukung untuk mendidik generasi muda yang mencintai budaya dan mengembangkan budaya Banyumas. Sehingga ke depan pada era teknologi ini makin berkembang dan eksis," ungkap Rektor seperti dikutip dari laman Unsoed, Senin (18/10/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.