Kompas.com - 18/10/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi CV, portofolio adalah, apa itu portofolio, arti portofolio. SHUTTERSTOCKIlustrasi CV, portofolio adalah, apa itu portofolio, arti portofolio.

KOMPAS.com - Pengalaman magang bisa menjadi nilai tambah bagi seorang fresh graduate saat melamar kerja. Terlebih bila perusahaan tempat magang memiliki bidang yang sama dengan perusahaan yang akan dilamar.

Di mata perusahaan, magang bisa menjadi salah satu pembuktian bahwa fresh graduate pernah terjun ke dunia kerja, sehingga diharapkan memiliki pengetahuan hingga keterampilan dasar yang dibutuhkan.

Namun, untuk bisa diterima di perusahaan magang impian, langkah pertama yang bisa dilakukan oleh mahasiswa ialah menyiapkan curriculum vitae (CV) yang layak.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Buka Lowongan Magang 2021, Cek Posisi dan Syarat

Pasalnya, magang kini bukan sekadar kegiatan untuk memenuhi SKS. Melainkan langkah awal mahasiswa untuk memasuki dunia kerja dan mengembangkan sayap karier.

Berikut sejumlah tips menulis CV untuk magang, melansir laman platform edukasi Zenius:

1. Masukkan info penting

Bagi mahasiswa atau fresh graduate, info di CV biasanya terdiri dari:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Data diri
  • Riwayat pendidikan
  • Pengalaman magang atau kerja
  • Pengalaman organisasi
  • Pengalaman kepanitiaan
  • Skill atau keterampilan
  • Karya ilmiah atau publikasi

2. Singkat dan jelas

Tidak semua informasi perlu dimasukkan secara detail ke dalam CV. Pastikan pihak HRD dapat dengan mudah melihat nilai diri kamu dengan cepat mengingat banyaknya CV yang masuk dari calon peserta magang.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun untuk Lulusan SMA-SMK, D3 dan S1

Salah satu contohnya ialah pada bagian riwayat pendidikan. Cukup cantumkan perguruan tinggi dan SMA/SMK sederajat. Di mulai dari jenjang pendidikan terkini. Serta tak perlu memasukkan riwayat pendidikan SMP, SD atau TK.

Kamu juga tidak perlu mencantumkan data diri terlalu detail, seperti alamat lengkap. Selain kurang penting, juga untuk menghindari data disalahgunakan.

3. Relevan

Cantumkan informasi atau pengalaman yang relevan sesuai posisi yang kamu lamar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.