Kompas.com - 21/10/2021, 06:00 WIB
Ilustrasi belajar online di rumah. DOK. SHUTTERSTOCKIlustrasi belajar online di rumah.

KOMPAS.com - Konsentrasi siswa dalam belajar perlu dijaga agar ia mudah memahami tema yang sedang diajarkan oleh guru maupun orangtua.

Namun, Pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi rentan membuat siswa teralihkan perhatiannya selama belajar.

Ada sejumlah penyebab menurunnya konsentrasi belajar siswa di rumah, antara lain suasana belajar yang tidak kondusif, penggunaan gadget yang berlebihan, kualitas tidur yang rendah, rasa tidak suka pada pelajaran tertentu, serta kurangnya motivasi dari dalam diri siswa dalam meraih target hasil belajar.

Baca juga: Sekolah Pelita Harapan Buka Beasiswa bagi Siswa Se-Indonesia, Senilai Rp 33 Miliar

Meski tak suasana tak sekondusif di ruang kelas, ada sejumlah cara yang bisa digunakan guru maupun orangtua untuk memaksimalkan konsentrasi siswa dalam belajar, merangkum laman platform edukasi Aku Pintar:

1. Meminimalisir distraksi saat belajar

Posisi bangku dan kursi yang digunakan siswa sedikit banyak dapat mempengaruhi kenyamanan dalam belajar. Bila memungkinkan, pastikan posisi dan jenis kursi harus baik dan seimbang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Suara berisik juga dapat mengganggu siswa dalam belajar. Guru harus membuat kesepakatan tegas dengan siswa kapan boleh bertanya, berpendapat, atau berbicara, terutama dalam kelas online. Dengan demikian suasana belajar akan lebih kondusif.

2. Memastikan siswa siap belajar

Siswa yang tidak siap belajar memiliki kecenderungan untuk tidak fokus.

Untuk mendorong kesiapan belajar, guru dan orangtua perlu mendorong dan memastikan siswa untuk mempersiapkan peralatan yang diperlukan untuk belajar seperti buku, alat tulis, dan alat penunjang lain yang di butuhkan.

Baca juga: Aplikasi Ini Bantu Siswa Pecahkan Soal Matematika

Hal berikutnya yang dapat guru lakukan untuk membuat siswa fokus dan siap belajar adalah dengan memberikan kegiatan-kegiatan menyenangkan seperti "ice breaking" yang dapat membuat siswa fokus kembali pada pelajaran.

3. Menerapkan metode mengajar yang tepat

Salah satu langkah yang dapat dilakukan untuk melatih konsentrasi siswa adalah dengan menerapkan metode belajar yang tepat.

Halaman:


Sumber Aku Pintar
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.