Kompas.com - 22/10/2021, 11:05 WIB
Mengorek telinga dapat mendorong kotoran lebih jauh ke dalam telinga dan menyebabkan kerusakan serius pada lapisan saluran telinga atau gendang telinga. Jadi, jangan gunakan ini sebagai cara mengeluarkan kotoran telinga. FREEPIK/JCOMPMengorek telinga dapat mendorong kotoran lebih jauh ke dalam telinga dan menyebabkan kerusakan serius pada lapisan saluran telinga atau gendang telinga. Jadi, jangan gunakan ini sebagai cara mengeluarkan kotoran telinga.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Telinga merupakan organ tubuh yang digunakan untuk mendengar. Telinga terbagi menjadi 3 bagian yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah, dan telinga bagian dalam.

Untuk menjaga organ pendengaran maka kebersihannya harus dijaga. Seperti yang diketahui kebanyakan orang menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga.

Baca juga: Pakar Unair Sebut Osteoporosis Bisa Serang Usia Muda

Menurut Dosen Fakultas Kedokteran Unair Rosyidah Rahmawati, membersihkan telinga dengan cotton bud tidaklah dilarang, tapi harus hati-hati.

"Karena jenis kotoran itu bermacam-macam. Sebenarnya kotoran telinga itu berada di sisi luar, kadang gerakan membersihkan dengan cotton bud itu bisa mendorong kotoran malah masuk ke dalam. Itu yang dikhawatirkan," kata dia melansir laman Unair, Jumat (22/10/2021).

Jikalau kotoran telinga sedikit dan lembek, bisa dibersihkan hanya di luar saja.

"Tapi kalau kotorannya produksi banyak, besar, keras, dan cenderung bertumpuk maka kalau dibersihkan sendiri dengan cotton bud justru malah kedorong masuk," ungkap wanita yang juga menjadi konsultan THT-KL bidang Otologi ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu seperti yang diketahui penggunaan obat tetes telinga yang dijual di pasaran menjadi salah satu cara untuk membersihkan telinga.

Namun Rosydiah menegaskan, memang terdapat obat tetes telinga yang dapat digunakan untuk melunakkan kotoran, tetapi harus diresepkan oleh dokter spesialis THT-KL atau dokter umum.

"Kalau masyarakat beli sendiri tanpa resep dokter, terkadang tidak tepat," jelas dia.

Kondisi liang telinga setiap orang berbeda, untuk membersihkannya secara aman Rosydiah ada kalanya seseorang disarankan untuk pergi ke dokter spesialis THT-KL.

Baca juga: 27.997 Orang Telah Terima Beasiswa LPDP

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.