Kompas.com - 28/10/2021, 20:42 WIB
Ilustrasi bahasa pemrograman terpopuler DOK. Humas Universitas BSIIlustrasi bahasa pemrograman terpopuler

KOMPAS.com – Bahasa pemrograman adalah instruksi yang terdiri dari banyak baris kode yang dibuat manusia agar dapat dimengerti oleh komputer. Bahasa ini menjadi penghubung antara manusia dan komputer supaya dapat berinteraksi.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, bahasa pemrograman semakin dibutuhkan untuk mengembangkan teknologi yang ada.

Untuk itu, penguasaan bahasa pemrograman menjadi penting untuk memberikan fleksibilitas karier.

Bagi Anda yang tertarik mempelajarinya atau ingin bekerja di bidang teknologi informasi (IT), berikut sepuluh bahasa pemrograman terpopuler di Indonesia, menurut keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (28/10/2021).

1. Java

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan melalui berbagai jenis platform, seperti personal komputer (PC) atau smartphone.

Jawa diciptakan oleh James Gosling saat ia masih bekerja di Sun Microsystems. Menariknya, nama “Java” terinspirasi dari kopi murni asal Pulau Jawa yang dinikmati James Gosling.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kini, Jawa menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler dan telah digunakan pada lebih dari 15 miliar perangkat komputer di seluruh dunia.

Tidak hanya itu, berbagai aplikasi berbasis Android juga menggunakan bahasa pemrograman Java. Bahkan, 90 persen perusahaan Fortune 500 menggunakan Java untuk mengembangkan sistem backend dan aplikasi desktop.

Baca juga: 10 Universitas dengan Jurusan MIPA Terbaik di Indonesia 2022

2. C++

C++ adalah pembaruan dari bahasa pemrograman C yang merupakan salah satu bahasa pemrograman tertua di dunia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.