Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tingkat Kemampuan Bahasa Inggris, Kamu di Level Mana?

Kompas.com - 06/11/2021, 15:25 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Salah satu bahasa asing yang wajib dikuasai adalah bahasa Inggris. Kemampuan bahasa Inggris menjadi sangat penting terlebih di era globalisasi seperti saat ini.

Selain itu, banyak sekali lowongan pekerjaan yang memberi syarat penguasaan bahasa Inggris. Banyak cara untuk belajar bahasa Inggris di luar pendidikan formal di sekolah.

Selain menunjang dalam proses mencari pekerjaan, kemampuan bahasa Inggris juga sangat berguna jika kamu berencana kuliah di luar negeri. Tahukah kamu bahwa ada berbagai level dalam bahasa Inggris.

Merangkum dari laman salah satu konsultan pendidikan di luar negeri, ICAN Education, Sabtu (6/11/2021), perlu diketahui bahwa bahasa Inggris memiliki dua level, yakni Beginner dan Intermediate. 

Baca juga: Bank Mandiri Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan S1-S2, Buruan Daftar

Level kemampuan bahasa Inggris

Kedua level ini juga terbagi menjadi 3 bagian. Setelah mengetahui berada di level mana, kamu bisa bergabung dalam kelas atau kursus bahasa Inggris dan mendapatkan pembelajaran yang tepat.

1. Beginner

Pada level Beginner, siswa dapat memahami dan menggunakan ungkapan sehari-hari. Biasanya siswa dapat memperkenalkan dirinya dan orang lain serta dapat bertanya dan menjawab pertanyaan tentang detail pribadi, seperti tempat tinggal, dan hal lainnya.

2. Elementary

Pada level ini, siswa bisa memahami kalimat dan ekspresi yang sering digunakan terkait dengan bidang paling relevan. Siswa juga dapat berkomunikasi dalam tugas sederhana dan rutin yang membutuhkan pertukaran informasi sederhana.

Baca juga: Dosen UB Bagikan 5 Tips Jaga Kesehatan Kulit di Musim Hujan

3. Intermediate

Pada level Intermediate, siswa dapat menghasilkan teks sederhana tentang topik yang mudah atau minat pribadi. Siswa juga dapat menggambarkan pengalaman dan peristiwa, mimpi, harapan dan ambisi.

4. Upper Intermediate

Siswa di level ini dapat memahami gagasan utama pada sebuah teks yang kompleks, termasuk diskusi teknis di bidang spesialisasinya. Kamu yang ada di level ini juga dapat berinteraksi dengan tingkat kefasihan yang sangat baik dengan penutur asli tanpa merasa khawatir.

5. Advanced

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com