Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Diet Sehat dari Universitas Medan Area

Kompas.com - 07/11/2021, 14:56 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Menjaga pola makan adalah hal yang penting bagi tubuh. Hal ini dilakukan agar seseorang terhindar dari kelebihan berat badan akibat terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Sementara kalori yang dikeluarkan tidak sebanding dengan yang masuk, sehingga kalori tersebut menumpuk dan berubah menjadi lemak. Tentu dampaknya tubuh menjadi gemuk.

Pada akhirnya lemaklah yang membuat perut Anda buncit dan ukuran paha serta lengan bertambah besar. Pada dasarnya, kelebihan berat badan terjadi akibat terlalu banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Baca juga: Webinar Unesa bersama Pakar: Seperti Ini Pola Hidup Sehat Saat Pandemi

Meski Anda sangat ingin mendapatkan berat badan ideal, sebaiknya Anda pilih-pilih diet yang tidak membahayakan kesehatan.

Tidak sulit kok untuk menerapkan diet sehat alami, sebab pada dasarnya semua orang yang kelebihan berat badan atau tidak harus melakukan diet ini agar terhindar dari berbagai penyakit kronis di kemudian.

Lalu, bagaimana tips diet sehat alami? Melansir laman Universitas Medan Area (UMA), ini 5 tips diet sehat:

1. Pilih makanan tepat, jangan melewatkan waktu makan

Tips diet sehat alami yang pertama adalah dengan memilih makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Pemilihan asupan makanan yang tepat memegang peran penting untuk kesuksesan program diet Anda.

Cara diet sehat ini dapat Anda lakukan dengan menghindari makanan yang berlemak serta mengandung gula tinggi. Makanan dengan gula tinggi memiliki nilai kalori yang tinggi pula sehingga buruk bagi tubuh.

Selain itu, hindari pula makanan kemasan serta gorengan karena makanan seperti itu hanya akan menggagalkan diet sehat Anda.

Sebaliknya, kalau Anda mau menjalani diet sehat alami, perbanyak konsumsi buah dan sayur. Tetapi, bukan berarti Anda menghindari makan nasi atau makan lauk-pauk ya. Semua makanan itu tetap kok diperlukan bagi tubuh, namun Anda harus mengatur porsinya dengan baik.

2. Atur porsi sesuai kebutuhan

Setelah memilih makanan yang tepat, maka tips diet sehat selanjutnya adalah mengatur porsi makanan tersebut. Anda harus makan sesuai dengan kebutuhan kalori per hari. Tentu, ini tidak bisa sembarangan menghitungnya.

Kalau Anda kesulitan Anda bisa konsultasikan hal ini dengan ahli gizi. Namun, bagi Anda yang memiliki berat badan, biasanya akan diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan sebanyak 1.500 kalori.

Baca juga: Tips Diet Sehat dari Ahli Gizi UGM

Untuk menerapkan cara diet sehat, ingatlah selalu bahwa dalam satu kali makan Anda harus menyeimbangkan semua zat gizi yang diperlukan tubuh. Anda dapat menyesuaikannya dengan prinsip gizi seimbang, yaitu ada karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Jadi, dalam satu kali makan, Anda harus mengonsumsi makanan pokok, lauk hewani, lauk nabati, sayur satu mangkuk, serta buah sebagai selingan. Anda bisa menerapkan porsi sesuai dengan ilustrasi gizi seimbang berikut ini.

3. Ganti gula dengan pemanis lebih sehat

Banyak orang sering meremehkan cara diet sehat satu ini. Padahal, tips diet sehat dengan mengganti gula dengan pemanis yang lebih sehat adalah salah satu ampuh untuk menurunkan berat badan Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com