Kompas.com - 11/11/2021, 10:13 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Masyarakat di Indonesia pasti sudah tahu semboyan 4 sehat 5 sempurna. Semua asupan makanan berupa nasi, sayur, lauk dan buah akan lebih sempurna dengan keberadaan susu.

Bahkan bagi anak-anak, setelah selesai mendapatkan Air Susu Ibu (ASI) juga dianjurkan untuk terus mengonsumsi susu.

Susu menjadi salah satu minuman menyehatkan yang disukai baik orang dewasa maupun anak-anak. Selain bisa langsung diminum, susu juga bisa diolah menjadi bahan pangan lain atau menjadi pendamping makanan lain seperti sereal.

Susu memang identik dengan warna putih. Namun ada pula susu kemasan yang banyak dijual di toko memiliki warna lain sesuai varian rasanya.

Baca juga: Kenali 5 Tren Pembelajaran di Masa Depan

Kandungan susu

Tapi pada dasarnya susu murni memang berwarna putih. Ternyata susu berwarna putih ini ada penyebabnya lho.

Menurut Pakar Ilmu Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) Eny Palupi, dari berbagai jurnal yang dibaca dan hasil studinya, kandungan susu sebanyak 87 persen adalah air.

"Sisanya adalah total padatan sekitar13 persen berupa karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh," terang Eny seperti dikutip dari kanal YouTube IPB TV, Rabu (10/11/2021).

Dari berbagai sumber menyebutkan, warna putih pada susu disebabkan karena susu memantulkan semua panjang gelombang yang terlihat. Karena sifat pantulannya ini mengakibatkan susu tidak bisa menyerap warna apapun dan memantulkan warna.

Baca juga: Blesscon Buka 5 Posisi Lowongan Kerja Lulusan D3/S1, Cek Syaratnya

Kenapa susu berwarna putih

Namun Eny berpendapat, susu berwarna putih karena semua komponen menyatu dan membentuk komponen koloid, emulsi yang sangat baik. 

Sehingga jika terkena cahaya, mereka bersifat memantulkan semua cahaya atau spektrum cahaya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.