Kompas.com - 11/11/2021, 13:00 WIB
|

KOMPAS.com - Meski kasus Covid-19 mulai menurun, tetapi pandemi belum berakhir. Karena itu, banyak sekolah atau kampus yang menerapkan pembelajaran hybrid.

Jika siswa mengikuti pembelajaran dari rumah, maka guru harus menyiapkan materi yang menarik dan tidak monoton. Tentu agar siswa tidak merasa bosan dan tetap semangat.

Pendidik perlu mengemas kegiatan belajar dari rumah (BDR) yang menarik dengan mengutamakan pengalaman belajar peserta didik, agar peserta didik tidak mudah bosan dan tetap semangat untuk berperan aktif.

Baca juga: Siswa, Ini 5 Danau Terbesar Indonesia yang Indah

Dalam hal ini pendidik perlu memvariasikan pembelajaran dengan berbagai model pembelajaran yang berpusat pada siswa.

Melansir laman Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi DKI Jakarta, ada banyak model pembelajaran yang bisa diterapkan dalam kegiatan BDR, diantaranya:

  • discovery learning
  • project based learning
  • problem based learning
  • flipped classroom
  • SOLE
  • games learning

Salah satu model yang dapat digunakan pendidik selama BDR adalah model pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environment) atau Arena Belajar Mandiri.

Model pembelajaran ini pertama kali digagas oleh seorang praktisi pendidikan asal India bernama Sugata Mitra. Ia melakukan percobaan di daerah suburban New Delhi dengan memasang komputer yang terkoneksi ke internet di sebuah dinding yang dilubangi.

Kemudian dilengkapi dengan kamera tersembunyi. Ternyata komputer ini didatangi oleh anak-anak untuk belajar dan saling mengajarkan bagaimana cara menggunakannya.

Lebih jauh lagi, mengungkap apa saja yang dapat mereka pelajari melalui perangkat tersebut seperti, bahasa Inggris dan lainnya.

Baca juga: Siswa, Ini 8 Teknik Dasar Bola Basket

Jadi dengan proses yang dilakukan ini, ternyata adanya komputer yang terkoneksi internet dapat merangsang siswa untuk mencari tahu berbagai hal yang belum mereka ketahui.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.