Kompas.com - 18/11/2021, 11:06 WIB
Perbaiki Kualitas Air, Mahasiswa ITS Gunakan Arang Batok Kelapa Dok. ITSPerbaiki Kualitas Air, Mahasiswa ITS Gunakan Arang Batok Kelapa

KOMPAS.com - Arang batok kelapa bisa menjadi media yang efektif untuk meningkatkan kualitas air dengan cara digunakan sebagai media filter air.

Media tersebut digunakan oleh tim dari Departemen Fisika, Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk meningkatkan kualitas air di SMA A Wahid Hasyim Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

Ide ini berawal dari banyaknya limbah batok kelapa yang terbuang begitu saja dan belum dimanfaatkan dengan baik di wilayah sekitar. Itulah mengapa, tim ITS memanfaatkan arang batok kelapa sebagai media filtrasi air sekaligus media pembelajaran selama kegiatan Kuliah Kerja Nyata dan Pengabdian kepada Masyarakat (KKN Abmas).

Baca juga: Peneliti Unair Hadirkan Produk Herbal Obati Gula Darah dan Kolesterol

Ketua tim KKN Abmas, Linda Silvia mengatakan pemanfaatan media filter air berupa limbah batok kelapa disebabkan keberadaan batok kelapa yang melimpah di daerah Jombang.

Lebih dari itu, masih ada beberapa daerah di kabupaten tersebut yang menjadi daerah yang kekurangan air bersih.

“Dalam konteksnya, batok kelapa merupakan media yang efektif untuk digunakan sebagai media filter air,” ungkapnya seperti dilansir dari laman ITS, Kamis (18/11/2021).

Tak hanya itu, Linda juga mengatakan, kegiatan ini juga menjadi cara mengaplikasikan pelajaran fisika dalam kehidupan sehari-hari agar lebih mampu dipahami oleh para siswa.

Selain itu, juga bertujuan agar guru guru memiliki strategi pembelajaran yang aplikatif supaya siswanya tertarik terhadap mata pelajaran fisika.

Dijelaskan lebih lanjut, dipilihnya Jombang sebagai lokasi KKN karena mempertimbangkan jaraknya yang dekat dengan kampus ITS di Surabaya, sehingga memudahkan transportasi dan akomodasi di saat kondisi pandemi.

Terlebih, di sekolah tersebut jumlah siswa yang ada dan berasal dari berbagai daerah cukup banyak.

Baca juga: Mahasiswa Butuh Biaya Skripsi-Riset? Baznas Beri Bantuan hingga Rp 10 Juta

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.