Kompas.com - 20/11/2021, 13:17 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Setelah lulus di jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA), rasanya sungguh lega. Setelah itu, kamu harus memikirkan tempat kuliah di perguruan tinggi.

Memulai kuliah memang selalu menjadi masa yang menyenangkan, akan tetapi menjawab pertanyaan tadi bisa jadi memusingkan.

Baca juga: Unpad Buka Lowongan Kerja Jadi Tendik Tetap bagi Lulusan SMK-S1

Sebab, perguruan tinggi merupakan tempat di mana kamu akan menghabiskan setidaknya waktu empat tahun ke depannya.

Belum lagi memikirkan mata kuliah apa yang harus dipilih.

Kedua hal tersebut bukanlah keputusan yang ringan dan seharusnya dipertimbangkan dengan matang, terlebih dalam situasi yang tidak pasti akibat pandemi Covid-19.

Faktanya, menurut Survei Destinasi tahunan dari Cambridge International, pandemi Covid-19 telah mengakibatkan gangguan yang besar dalam pendidikan di seluruh dunia.

Lalu, secara langsung memengaruhi keputusan ke mana siswa akan melanjutkan jenjang pendidikan lebih tinggi setelah lulus sekolah.

Penelitian terhadap 300 sekolah Cambridge di seluruh dunia ini menemukan, tantangan pandemi yang terjadi selama setahun ke belakang telah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pilihan siswa.

Sebanyak 84 persen sekolah yang disurvei melaporkan banyak siswa mereka yang berubah pikiran terkait pilihan pertama universitas yang dituju, sebagian besar karena kondisi ketidakpastian, sulitnya bepergian atau masalah finansial yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Baca juga: 20 SMA Terbaik di Jatim Berdasar Nilai UTBK 2021

Head of Global Recognitions untuk Cambridge International, Kevin Ebenezer mengatakan, Cambridge memahami bahwa pandemi telah memberikan tekanan yang cukup besar bagi pendidikan secara global.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.