Kompas.com - 21/11/2021, 14:55 WIB

KOMPAS. com - Coba sebutkan karakter bajak laut yang ada di film dan buku favoritmu. Pasti ada nama Kapten Hook, Jack Sparrow, dan banyak yang lainnya. Dalam kartun dan film, banyak bajak laut digambarkan mengenakan penutup mata di salah satu matanya.

Pernahkah kamu penasaran mengapa bajak laut suka menutup satu matanya? Paling khas, menggunakan kain dipotong kecil yang ditempelkan ke mata kemudian diikat.

Penggambaran bajak laut yang mengenakan penutup sebelah mata itu bukan karena ia mengalami sakit atau karena matanya hilang.

Bahkan, penutup mata bajak laut tidak ada hubungannya dengan kemampuan penglihatan.

Lalu, apa alasannya? Dilansir dari Instagram Disdik Jabar, ada sejumlah alasan mengenai bajak laut yang menutup satu matanya.

Penutup mata bantu percepat adaptasi cahaya

Coba bayangkan kamu adalah seorang bajak laut. Saat ada musuh menyerang kapalmu, kamu mau tidak mau harus mengatur situasi yang ada di dek atas dan di dek bawah.

Di dek atas kapal, bajak laut harus mengatur arah kendali kapal. Sedangkan di dek bawah, bajak laut perlu mengatur kru yang bertanggung jawab melihat kondisi kerusakan kapal.

Baca juga: Mengapa Hiu Takut Lumba-Lumba? Ini 5 Alasannya

Kedua dek ini memiliki situasi berbeda. Dari Dek atas sangat terang karena cahaya matahari sedangkan dek bawah sangat gelap. Karena kondisi tersebut maka perlu penyesuaian mata disinilah gunanya satu penutup mata.

Membantu beradaptasi dengan kondisi gelap

Karena terbiasa melihat menggunakan dua mata, seseorang pasti berpikir kalau melihat dengan satu mata pasti bakal lebih susah melihat atau mengamati.

Namun jika terbiasa menutup satu mata maka mata tersebut akan beradaptasi dengan kondisi gelap.

Dengan kemampuan ini para peneliti memiliki kesimpulan jika bajak laut bisa beradaptasi pada kondisi gelap sepanjang waktu. 

Baca juga: Mengenal Dunia Hewan Lewat Ensiklopedia 4D Berbasis Augmented Reality

Terbukti Benar

Menurut catatan militer Amerika pada tahun 1995 para prajurit di instruksi dan menutup satu mata saat bertemu cahaya terang demi melindungi adaptasi kegelapan saat operasi malam hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.