Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menghilangkan Stres di Tempat Kerja dari Alumni UGM

Kompas.com - 29/11/2021, 09:59 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Sebab, stres adalah hal yang normal dan alamiah dalam kehidupan manusia. Anda tidak dapat menghindari stres.

Stres ketika terjebak macet di jalan, stres ketika Anda terlambat dari jadwal atau deadline, stres ketika Anda mengerjakan proyek besar bahkan proyek kecil, dan lain sebagainya.

Tapi yang dapat Anda lakukan adalah belajar bagaimana mengelola stres tersebut sehingga Anda bisa terus maju dan memiliki sebuah kebiasaan hidup yang produktif.

Baca juga: Alumni UGM: Ini 5 Tips Jalani Masa Percobaan Kerja

Lantas, bagaimana jika seseorang mengalami stres saat berada di tempat kerja? Bagaimana cara mengatasinya?

Melansir laman Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM), ada 5 cara menghilangkan stres di tempat kerja.

1. Coba rencanakan hari Anda

Hal pertama ialah rencanakan setiap aspek dalam hari Anda. Rencanakan juga kegiatan-kegiatan Anda ke depan, terutama ketika Anda sedang mengalami masa-masa berat dalam hidup.

Memiliki rencana harian akan membuat Anda merasa lebih terkontrol. Anda tidak perlu stres menentukan apa yang harus Anda lakukan selanjutnya.

Manajemen waktu yang baik akan menurunkan tingkat stres Anda. Jadi mulai sekarang biasakan untuk mem-breakdown setiap task kegiatan harian atau mingguan Anda.

Baca juga: 4 Tips Kelola Jadwal Cuti Kerja dari Alumni UGM

2. Tugas paling penting kerjakan dulu

Anda harus bisa menentukan prioritas utama setiap hari sebelum Anda memulai bekerja. Ini akan langsung menurunkan stres. Jadi tentukanlah prioritas utama dari pekerjaan Anda dan kerjakan hingga selesai.

3. Harus istirahat yang banyak

Banyak orang menderita stres dikarenakan mereka kurang tidur. Apabila Anda telah memanajemen hari Anda dengan baik, maka merencanakan lebih banyak tidur seharusnya tidak akan menjadi masalah.

Tidur yang cukup akan mengurangi stres Anda secara alami. Jadi, jika merasa ngantuk berat, sebaiknya tidur dulu sebentar.

4. Coba bicarakan situasi Anda dengan seseorang

Anda harus bisa menemukan seseorang yang Anda suka, percaya, dan hormati lalu bicarakan pada mereka tentang situasi yang tengah Anda hadapi. Minta saran mereka.

Terkadang membicarakan masalah yang sedang Anda hadapi dapat meringankan beban daripada hanya memendam sendiri masalah tersebut di dalam hati.

5. Cari pelajaran

Dalam setiap masalah yang sedang Anda hadapi, cara termudah agar Anda tidak stres dalam menghadapinya adalah dengan menanyakan diri Anda.

Baca juga: Lowongan Kerja PT Pindad bagi Mahasiswa dan Alumni UGM, Ini Link-nya

"Apa yang dapat saya pelajari dari pengalaman ini?", "Pelajaran apa yang ingin diajarkan oleh pengalaman ini kepadaku?"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com